Kiki (K): Oke semua, balik lagi di podcast Kartini Teknologi bareng Kiki dan Galuh. Kali ini kita ada di episode ketiga, kayak nggak kerasa ya Luh ya? Dan hari ini kita kedatangan tamu yang nggak kalah spesial dari yang sebelum-sebelumnya, kita bakalan bahas lebih banyak tentang… kalo kemarin kan dari sisi education, terus sisi sosial. Nah sekarang kita pengen bahas dari sisi bisnisnya. Hari ini udah ada Mbak Retno Ika Safitri atau biasanya sih dipanggil Mbak Ocha. Dia seorang entrepeneur dan co-founder dari Tanibox dan Chloe and Matt. Nah, mungkin langsung ke orangnya sendiri aja kali ya biar kenalan lebih lanjut. Nah Mbak Ocha kenalan dong, kayak, sekarang base-nya di mana dan what are you passionate about?

Ocha (O): Halo semuanya, nama saya Retno, panggilnya Retno aja nggak apa-apa tapi kalau udah ada yang kenal sama nama Ocha nggak apa-apa lanjutin aja. Sekarang saya sih masih tinggal di Bali sejak 2018. Kalau saya sendiri passionnya di product management, entrepreneurship, education, sustainable agriculture, dan renewable energy. Tapi sekarang lagi fokus di sustainable agriculture dulu, dan di Tanibox ini posisinya sebagai Chief Product. Jadi semua produk yang dikeluarin dari perusahaan kami harus dari saya dulu. Gitu.

K: Well ini agak out of topic sedikit tapi Mbak Ocha ini temen main aku di Bali. Dulu kan sempet tinggal di Bali kayak setengah tahunan gitulah, terus kita sering main bareng. Aku juga belajar banyak sih selama bergaul Kak Ocha, dia passionate banget di bidang agriculture.

O: Tapi sebenernya history kita kan mundur jauh banget, nggak cuma di Bali doang.

Galuh (G): Jadi kapan nih pertama kenal?

K: Jadi sebenernya Mbak Ocha ini kakak tingkat aku pas di kuliah, dan kita sempet satu organisasi—satu komunitas—yang waktu itu aku ceritain di episode pertama, yang nol itu, jadi ya gitu deh kenal dari situ sebenernya. Dari dulu sebenernya Mbak Ocha jadi salah satu role model aku juga sih bisa dibilang *in a wa*y, jadi seneng banget hari ini kita bisa ngobrol bareng tentang hal yang dia lagi fokusin sekarang. Nah Mbak Ocha sendiri kan sebelum terjun ke dunia bisnis dulu sempet lebih fokus ke UI/UX gitu kan, dulu juga sempet jadi UX designer di Bukalapak sama LayangLayang Mobile. Nah menurut Mbak Ocha sendiri apa sih yang paling menarik dari ngerjain UI/UX selama ini?

O: Hmm… yang paling menarik. Sebenernya singkatnya tuh gini, UI dan UX itu menghubungkan antara berbagai alasan logis dalam merancang sebuah produk dengan daya tarik emosional. Jadi alasan logisnya itu adalah UX dan daya tarik emosionalnya itu adalah UI. Kalau ditarik mundur sebenernya itu tuh dimulai dari jaman kuliah, jadi jaman kuliah dulu kan belajar ngoding, bikin website kecil-kecilan, beli buku di Gramedia terus kemudian belajar bikin website pake PHP gitu kan. Terus abis itu mulai ngerjain proyekan website dari sisi frontend dan backend sekaligus. Nah kemudian juga… nyebur di komunitas di Doscom waktu itu kan juga ngebantu proyek Tea Linux tapi dari sisi bikin tampilannya. Nah dari situ tuh kayak menantang banget karena walaupun Tea Linux itu bukan proyek yang gede tapi itu challenging banget karena di masa kuliah itu tuh nggak ada proyek sekaliber itu yang di-handle gitu kan. Jadi excited banget buat ngebikin interface yang ibaratnya kan walaupun cuma kayak bikin skin yang udah ada, OS yang udah ada, tapi tetep harus mikirin kan gimana sih punya daya tarik tersendiri yang emang itu tuh Tea Linux banget, gitu. Terus setelah itu tuh apa ya, jadi lebih tertarik ke human behavior. Aku kan orangnya kepo, kepo bangetlah, jadi pengen belajar tentang kebiasaan manusia, bagaimana cara manusia berinteraksi, terus preferensi tiap orang kan beda-beda, kayak misalnya aku sukanya apa, belum tentu kamu suka yang aku suka. Terus gimana cara kita bikin keputusan, apa sih alasan yang mendukung kita tuh mengambil keputusan yang kayak gitu loh. Nah itu tuh masuk ke ranahnya UX banget jadi kalau waktu itu kan nyebutnya bukan UX, karena UX kan sebenernya jargon yang baru ngetren lima tahun sampai delapan tahun ke belakang. Dulu kan jaman itu namanya human interaction design. Jadi membuat interaksi yang natural antara manusia dengan produk teknologi, gitu. Tapi karena waktu itu belajarnya terbatas, dan di Indonesia belum ada universitas yang fokus di human interaction jadinya otodidak belajar sendiri. Dan belajar sendirinya juga ya itu, dari keponya itu. Mengobservasi apapun, literally like everything, nggak cuma manusia tapi lebih ke semuanya. Alam, apapunlah yang ada di sekitar. Gitu. Aku percaya seluruh elemen kehidupan terkait satu sama lain, jadi misal di titik A maka itu akan mengakibatkan perubahan yang lain, disebutnya tuh ripple effect. Dan UX itu seperti itu, kamu ngubah di satu bagian, yang lainnya akan terpengaruh juga.

K: Berarti pas belajar UX itu belajar psikologi juga nggak sih?

O: Nggak… mungkin karena orangnya kepo ya jadi cari tau. Tapi nggak yang sampe belajar psikologi.

K: Karena kupikir relate banget kan sama psikologi seseorang. Ada nggak sih yang dipelajarin?

O: Waktu itu sih nggak, karena nggak pernah mikir kalo itu tuh bakal relate banget sama psikologi.

G: Tapi dari pengalaman Mbak Ocha di bidang UI/UX banyak gak pelajaran yang sekarang kepake di role nya Kak Ocha?

O: Oh iya kepake banget, karena kalau dari sisi manajemen produk, kan yang di-manage ada tiga. Jadi harus ngerti dari sisi bisnisnya, teknologinya, dan user experience. Dalam artian customer, nggak hanya bagaimana customer berinteraksi dengan produk kita tapi bagaimana customer itu interaksinya akan mempengaruhi bisnis kita. Jadi kalo misalnya pengen jadi product manager ya harus ngerti tiga itu. Harus ngerti UX, tapi UX nya lebih fokus ke customer ya, harus ngerti teknologi juga dan bisnis yang dijalanin di perusahaan itu seperti apa.

K: Nah kita nge-link-in ke bisnis yang lagi dijalanin sama Mbak Ocha nih. Sekarang kan berarti aktifnya di Tanibox dan Chloe and Matt ya. Itu baru mulai dari tahun berapa sih?

O: Kalo Tanibox itu sebenernya awalnya itu hobi iseng dari jaman pas di Bukalapak. Jadi awal 2015. Itu udah mulai initiating ide Tanibox-nya itu sendiri. Tapi kalo dari sisi perusahaannya kita itu ngedaftarin perusahaan tahun 2017.

K: Kalo Chloe and Matt itu mulainya?

O: Chloe and Matt itu baru sih baru tahun lalu jadi belum ada setahun. Basically Chloe and Matt itu product development agency, jadi beda bisnis dengan Tanibox.

K: Tadi cerita kan mulainya dari pas masuk kerja di Bukalapak. Nah itu initial drive apa sih yang akhirnya memotivasi Mbak Ocha untuk ngebikin perusahaan sendiri dan ngelepas role karyawan? Bukalapak kan mungkin udah nyaman, nah kenapa sih memutuskan untuk memulai usaha sendiri?

O: Jadi waktu itu di Bukalapak udah enak sebenernya meskipun timnya masih kecil ya, aku dulu UX designer pertama, pertama kali mereka nge-hire untuk UX itu aku. Cuma aku kan aslinya anak petani, orangtuaku petani, kakek nenekku petani, jadi semacam punya root petani gitu. Dari sebelum nikah itu udah pengen nanti kalo nikah pengen punya rumah yang ada halaman luas jadi bisa punya kebun sendiri, supply sayur sendiri gitu. Terus waktu itu juga belum kepikiran untuk dijadiin bisnis, cuma karena 2015 itu suamiku suka ngulik IoT. Waktu itu lagi nge-hype kan, jadi kita mulai incorporate itu. Di rumah, nanem-nanem sendiri, 2-3 pot taneman tapi dikasih sensor ala-ala. Kayak gitu. Dari situ sih. Terus ya mulai nyari pasar, ada nggak sih yang punya problem yang sama. Jadi tuh problemnya gini. Kita kan suka jalan-jalan, suka main, masalahnya kita nggak punya pembantu. KIta tinggal di tempat yang very limited, namanya urban area kan, nggak punya privilege untuk punya rumah besar, pembantu, halaman… tapi masalahnya taneman-taneman ini kalo ditinggal pergi tetep harus ada yang nyiram biar nggak mati. Nah mikirnya oh, kalo dikasih IoT tuh kita bisa ngehubungin misalnya antara ember diisi air terus dikasih sensor buat buka tutup selangnya buat ngalirin air sesuai yang dibutuhin tiap beberapa air. Idenya dari situ doang.

K: Wow menarik ya, aku sebenernya merasakan problem yang sama sih, dari beberapa tahun yang lalu tuh udah pengen, wah aku pengen nyoba berkebun gitu deh. Selama ini aku kan tinggalnya menclok sana menclok sini… aduh nanti nggak ada yang ngurusin kalo aku pergi-pergi. Jadi ya udah nggak kesampean sampe sekarang.

O: Sama karena kita kan kerjanya remote, nggak punya kantor, punya pegawaipun tersebar di beberapa negara, kayak Mozilla-lah kerjanya remote. Tapi kan pengen punya kebebasan buat jalan-jalan tanpa harus ngurusin begituan. Itu kerjaan malesin, tapi harus dilakuin. Kerjaan malesin kayak gitu kita sebagai orang teknologi mikirnya ini bisa diotomatisasi, tapi terus kemudian orang-orang yang non-tech kaya kita punya masalah yang sama. Baru deh kita ngulik sebenernya ini adalah problem untuk beberapa orang. Kalo kita bisa nyediain solusi dan make a business of it mungkin akan banyak yang mau pake, gitu sih.

G: Ini kan berarti Tania farming management software-nya, nah aku penasaran sih pertimbangannya apa Tania dibikin open source?

O: Jadi Tania itu farm management system yang dibikin open source idenya udah dari dulu, karena kita kan udah dari jaman aku kuliah aku tuh udah involve di beberapa proyek open source, kaya yang paling mudah deh, di WordPress. Make WordPress untuk bikin website, itu tuh enak banget, tapi disamping itu bisnisnya WordPress itu tetep jalan. Jadi kita mikirnya open source itu bukan sekedar proyek sosial, tapi proyek profitable yang punya open source sebagai alat marketing. Jadi kenapa dibikin open source sebenernya itu sebagai alat marketing. Kayak Mozilla sekarang gitu kan, semua produknya gratis, dan dibuka. Itu kan sebenernya sebagai alat marketing, gampangnya marketingnya untuk merangkul komunitas, komunitas pengembang, komunitas pengguna dan segala macem. Karena kalo nggak dibuka, orang kan akan… rasa ingin tahunya kurang, jadi feedback-nya itu kurang.

K: Buka kesempatan juga buat orang lain untuk ngembangin juga kan, inovasi sama orang lain.

O: Bener banget. Cuman, nggak semua orang yang memutuskan untuk membuka source code proyeknya itu bisa ngerti bisnisnya. Sebenernya itu tricky banget sih. Sampe sekarang sebenernya kita masih trial and error juga.

K: Nah kalo yang tadi Tania farming management software itu, kegunaannya farming management software itu buat apa sih sebenernya?

O: Kalo dari aku sendiri sebenernya, kayak yang tadi aku bilang, aku pengen punya kebun di rumah tapi aku masih pengen ngejalanin kepengenanku yang lain, bikin bisnis yang lain… tetep bertani tapi ngejalanin pekerjaan yang lain. Kalo kayak gitu kan kasusnya kebunnya harus bisa diotomatisasi, ya kan, nah masalahnya mengotomatisasi kegiatan bertani itu nggak semudah tinggal pencet-pencet doang. Nah, itu tuh harus… apa ya, mulai disiplin bikin SOP alias standard operational procedure. SOP itu harus punya. Gimana caranya kita bikin SOP kalau kita nggak nyatetin semua kegiatan kita di kebun? Nah, first touch point-nya untuk otomatisasi itu adalah dengan bikin management system, seperti itu sih. Jadi kalo udah terbiasa pake farm management system semuanya tinggal masukkin, ya udah bisa diotomatisasi. Tapi kalo nggak ada itu nggak akan bisa.

K: Nah, kalo dulu pas bikin Tania sendiri tech stack yang dipake apa aja? Terus timnya mungkin bisa diceritain ada berapa orang, dan berapa lama ngerjainnya?

O: Kita bikin Tania itu dari 2016. 2016 dulu Tania dibikin pake PHP, pake Symphony framework supaya lebih cepet, karena mikirnya ngapain bikin productivity tool tapi pake stack yang aneh-aneh. Ya udah pake yang paling cepetlah, akhirnya pake Symphony framework. Terus waktu itu kan sebenernya Symphony udah mature banget kan, banyak yang pake, cuma masalahnya karena tujuannya adalah untuk bikin otomatisasi peralatan hardware, PHP itu nggak mampu. Akhirnya di-rewrite, diulang semua, kita sekarang pake Golang. Golang itu bahasa pemrograman buatan Google. Golang untuk backend-nya, Vue.js untuk frontend-nya, kemudian database-nya cuma pake Sqlite, udah.

K: Nah tadi kan dibilang kalo si Tania ini dipake untuk mengotomatisasi kegiatan berkebun kan. Berarti untuk implementasi, kalo misalnya nih aku mau pake Tania, itu berarti harus nambahin sensor sendiri gitu nggak sih?

O: Yap, betul sekali. Kalau sensor sih kita nggak bikin sensor untuk saat ini, jadi kita emang pure fokus ke farm management system-nya dulu. Kalo sensor, itu kita bisa pake yang udah ada di pasaran. Jadi misalnya kayak Atlas Scientific bisa di-connect-in ke Tania. Ato misalnya beli sensor-sensor murah di Alibaba itu juga bisa dipake. Jadi mau pake sensor apapun sebenernya sama aja.

K: I see jadi sensornya add on, aja ya?

O: Ya sensornya add on, yang kita sediain itu adalah gateway-nya, kita bikin MQTT-nya untuk connect antara hardware itu ke sistemnya kita, jadi bisa diotomatisasi dari mana aja.

K: Nah itu kan tadi tentang Tania, nah Tanibox sendiri aku penasaran business model-nya tuh gimana sih?

O: Business model-nya Tanibox itu kaya yang aku bilang tadi masih trial and error, tapi pada intinya fokus ke B2B. B2B ini produknya adalah konsultasi dan custom order. Jadi dari produk yang udah ada disesuaikan sama requirement dari klien. Sama kalo yang B2C kita bakal ngerilis SaaS sih dalam beberapa bulan ini.

K: Boleh dibocorin nggak?

O: Produknya mah udah bisa kamu download kok, produknya sama aja kayak Tania yang open source sekarang. Kita kerjasama dengan perusahaan lain juga. Tapi si SaaS ini juga fokusnya masih di Eropa. Soalnya kita kan bukan perusahaan Indonesia sebenernya.

K: Nah pas banget nih sama pertanyaan selanjutnya. Tania itu kan berarti masuknya perusahaan Estonia. Itu dulu gimana sih ceritanya, kenapa harus memilih Estonia dan prosesnya gimana dulu sampe akhirnya official company

O: Oke jadi Estonia itu awalnya gara-gara kita punya temen deket yang kuliah di sana, jadi temen deket kita itu kerja di salah satu perusahaan online travel terbesar di Indonesia, terus kemudian dia resign, katanya dia capek kerja gitu kan, dia mau sekolah aja. Terus tau-tau dia bilang, aku keterima di Estonia. Kita cuman kayak, hah, negara mana itu Estonia? Nggak pernah denger. Dia tuh rada offended gitu, jangan sembarangan, maju tau teknologinya. Dari situ kayak setengah nggak percaya, kemudian googling, eh bener ternyata emang technologically advanced banget itu Estonia di antara negara-negara Baltik dan Eropa Utara. Kayak amazed aja negara yang sekecil itu.

K: Aku sih dengernya kalo Estonia sendiri sistemnya udah didigitalisasi gitu jadi serba gampang birokrasinya, ya nggak sih?

O: Iya bener, nah alasannya kenapa akhirnya milih Estonia untuk jadi pusat bisnisnya kita kan, satu, karena Estonia itu anggota EU. Anggota Uni Eropa. Jadi kalo udah masuk ke Estonia akan mudah untuk masuk ke negara-negara anggota EU lainnya. Dengan begitu kan untuk penetrasi pasar lebih mudah. Yang kedua, Estonia punya program e-residency, jadi seperti namanya, electronic residency, kita dianggap kayak warga negara tapi kita punya hak untuk bikin bisnis di sana dengan program e-residency itu. Kita bisa bikin perusahaan di sana tapi nggak harus pindah ke sana. Akhirnya kita bikin perusahaan lewat program e-residency itu. Yang ketiga dia ada program startup visa, kalo misalnya kamu pengen pindah ke sana dan kamu punya startup gitu kan, tinggal apply aja startup visa ini, kamu akan dikasih visa tinggal selama satu tahun untuk untuk ngejalanin bisnis kamu dan bisa di-extend sampai enam bulan, jadi totalnya satu setengah tahun. Nah kenapa sih satu setengah tahun? Karena dalam satu setengah tahun itu kalau bisnis kamu bisa takeoff, kamu bisa perpanjang visa yang lain, misalnya residential permit. Tapi kalo bisnis kamu nggak sustain dan harus ditutup, ya kamu nggak rugi banyak gitu. Nggak harus pindahin semua tim gitu, yaudah tutup aja bisnisnya. Jadi sebenernya bisnis dalam satu setengah tahun keliatan kan bisa menghasilkan apa nggak, gitu.

K: Pinter ya, nah, ceritain dong mbak, lika-liku proses dulu untuk apply e-residency kayak gitu-gitu kayak gimana sih caranya dan tahapannya apa aja gitu mungkin?

O: Oke jadi dulu yang pertama, ini buat orang-orang Indonesia yang pengen buka perusahaan di Estonia gitu ya, jadi yang pertama harus daftar e-residency. Nah daftarnya ini udah ada di website pemerintahnya tinggal Googling aja e-residency program. Tapi yang ini prosesnya agak lama, bisa sampe dua-tiga bulan. Karena sebenernya… sebenernya pendaftarannya mudah, cuma ngisi formulir aja, terus bayar 99 euro, dan mereka akan proses. Mereka akan ngelakuin background checking. Terus abis itu kita akan dikirimin kartu, kartu ini kaya KTP tapi ada chip-nya. Nah, kemudian kartu itu nggak langsung ke kita jadi kita harus otorisasi biometrik scanning di kantor konsulatnya mereka, jadi waktu itu udah daftar, tiga bulan kemudian dapet panggilan, tinggal milih mau ke kantor konsulat yang mana. Cuma waktu itu yang terdekat cuma ada di Singapur, jadi harus ke Singapur buat otorisasi biometrik itu. Udah… terus abis itu udah, registrasi perusahaan lewat business provider. Jadi business provider itu semacam agency, tapi mereka yang ngurusin segala kebutuhan bisnis. Misalnya tim pengacara, tim legal, tim akuntan itu dari mereka semua sampe virtual office. Itu tugasnya business provider. Nah si business provider ini yang ngehandle urusan daftar perusahaan. Kita cuma butuh ngisi form, kemudian bayar sekitar 400-an euro gitu kalo nggak salah, nggak nyampe 500 sih. Terus kemudian ya didaftarkan kayak waktu itu tau nggak cuma berapa lama?

K: Satu bukan?

O: No, 15 jam.

G: What!?

O: Iya lho, registrasi bisnis 15 jam.

K: Amazing.

G: 15 jam itu dari submit application segala macem sampe bisnisnya resmi atau di business provider 15 jam…?

O: Jadi daftar, kita ngisi form yang udah disediain sama pemerintahnya, kemudian bayar, kasih bukti bayar juga, terus abis itu udah ditunggu aja. Nanti dapet email. Terus 15 jam kemudian emailnya masuk karena sebenernya cuma kepotong jam tidur doang. Jadi 15 jam itu datanya langsung masuk ke daftar perusahaan di Estonia, udah dapet ID perusahaan gitu nomor ID.

G: Gampang banget!

O: Tau nggak rekor tercepat registrasi bisnis mereka?

G: Sejam.

O: Empat menit.

K: Oh my God.

O: Itu gila banget sih, amazed banget. Karena emang sebenernya registrasi perusahaan itu nggak sesulit itu, tinggal bayar administrasinya doang, data kamu kan udah ada di program e-residency-nya itu kan. Dia udah background checking selama berbulan-bulan, jadi udah tau siapa ini.

G: Birokrasi Indonesia cannot relate.

K: e-ktp aja jadi begitu kan. Sebenernya miris kalo ngomongin perbedaan kesenjangan antara Indonesia sama negara-negara lain tapi gimana ya bener juga.

O: Tapi ya rakyatnya sedikit sih jadi ngurusin orang yang lebih sedikit jadi lebih gampang. Tapi tetep aja mereka yang pertama kali di dunia bikin program ini.

G: Tapi kepikiran ya, idenya dari mana itu sih, keren sih.

O: Oh dan yang initiate e-residency itu masih 29 tahun loh umurnya. Jadi dia tuh masih yang muda banget… oh namanya Kaspar Korjus. Dia masih 29 tahun waktu itu tapi dia udah kerja di government, di tim IT nya itu… bikin deh. Tapi itu prosesnya juga panjang sih beberapa tahun, tapi sekarang Kaspar juga udah nggak ngerjain e-residency lagi, jadi mereka udah ganti tim. Modern banget lah pendekatannya. Jadi udah kan daftar lewat business provider, udah dapet ID perusahaan, tapi kita waktu itu belum bisa jalanin bisnis karena waktu itu kita harus bikin akun bank. Masalahnya walaupun Estonia itu udah punya sistem e-residency yang secanggih itu, tapi untuk registrasi akun bank tetep harus ke sana, manual. Harus tetep dateng ke Estonia. Jadi waktu itu kita cuma request ke business provider untuk nyediain data-data untuk daftar rekening bank, terus disediain sama bank-nya, udah didaftarin. Tapi untuk otorisasi kita harus ke sana. Dan waktu itu kita kan ada kesempatan buat ikutan eksibisi di Web Summit, jadi Web Summit itu salah satu tech conference terbesar di Eropa, yang terbesar kedua di dunia kalo gak salah. Waktu itu kita ke Portugal, terus mampirlah ke Estonia karena nggak jauh. Jadi sekalian sekali jalan. Waktu itu kita bikin rekening bank di sana, gitu. Tapi, kalo yang sekarang, udah lebih fleksibel lah, nggak perlu langsung bikin akun bank Estonia. Kita tetep bisa pake akun bank di sini, jadi kalo kamu misalnya pengen punya bisnis, ya udah. Udah daftar gitu kan, kamu bikin aja akun di bank-bank lokal di sini. Tapi akunnya terpisah dari akun pribadi kamu. Jadi itu bener-bener akun untuk bisnis. Nah dari situ aliran uang keluar masuk harus kamu catet, dan laporan tiap bulan ke business provider kamu. Karena dari tim akuntannya mereka akan nyatetin pembukuannya. Dan pembukuan itu yang akan dilaporin ke pemerintah untuk sistem pajak. Jadi tetep harus bayar pajak kalau ada aktivitas bisnis dengan orang eropa.

K: Oh gitu, berarti bayar pajaknya kalau ada aktivitas di Eropa aja? Kalo kita running-nya tetep di sini?

O: Nggak bayar pajak.

K: Oh gitu.

O: Jadi kalo kasus aku, karena uangnya keluar masuk dari rekening bank Estonia, ya jadi harus bayar pajak Estonia. Sekarang kan banyak tuh kayak bisa pake Transferwise kek, atau apa…

K: Seru ya.

O: Udah gitu doang, jalan deh bisnisnya.

K: Tadi kan sempet bilang ada visa apa itu kan…

O: Startup visa?

K: Nah iya, startup visa. Mbak Ocha sendiri ada rencana untuk apply itu nggak? Untuk stay di sana dan running bisnis langsung dari Estonia?

O: Karena kita kan udah di program e-residency kan, dari e-residence-nya kita itu kita udah minta rekomendasi untuk bisa apply startup visa. Jadi kita udah punya rekomendasinya, tinggal kapan mau diurus aja. Jadi kapan kita pengen pindah ke sana ya baru deh diurus, karena kan waktunya cuma satu setengah tahun, jadi harus kelihatan banget nih. Oh iya udah mau pindah, urus, langsung pindah ke sana, kita punya satu setengah tahun buat ngejalanin itu. Gitu. Cuman untuk apply startup visa-nya agak ribet sih?

K: Kalo Mbak Ocha sekarang ini berarti baru di tahap eligible untuk apply… lanjutnya panjang lagi?

O: Nggak juga… ya gampang aja sih. Tinggal mau diurus kapan aja sih gitu doang. Nggak yang… eligible sih udah. Cuman kapan mau pindahnya akan dihitung dari hari itu. Modelnya apply gitu, kayak apply apa yah… kaya akselerator gitu lah. Jadi dihitung misalnya bisnis kamu ngapain sih, iya… bener-bener dilihat…

K: Ide bisnisnya ya…

O: Iya ide bisnisnya, cara making money gimana, target customer nya siapa, teknologinya gimana, gitu-gitu lah.

K: Itu aku jadi penasaran, mungkin gak sih kalo misalnya Mbak Ocha sendiri lebih fokus ke pasar Eropa karena emang di pasar Indonesia sendiri belum banyak yang bertani secara pake teknologi?

O: Nggak juga, karena sebenernya gini, ini gara-gara produknya dirilis secara open source, siapa aja bisa pake gitu kan. Nah gara-gara dirilis open source gitu kita dapet banyak fans, beberapa fans yang contribute terus kemudian ngasih insight, jadi gitu. Terus kita kan mempertimbangkan, mana yang paling prospektif. Dari situ bisnisnya bergulir deh. Jadi gara-gara open source. Makanya itu trik marketing yang oke buat yang paham.

K: Boleh tanya nggak sih kalo misalkan sekarang klien paling banyak itu dari… paling rame gitu-lah, dari negara apa?

O: Lithuania, Hungaria, terus dari US, Kanada ada sih tapi nggak yang signifikan. Klien kita justru sekarang dari Lithuania dan Hungaria. Karena kalau Hungaria kan sebenernya kayak lumbung makanannya Eropa. Lahan pertanian terbesar di Eropa ada di Hungaria, Prancis, dan Spanyol. Belanda itu bagus, tapi sebenernya produknya… dia udah ini sih, udah advanced banget sih, jadi bukan direct target-nya kita.

K: Kalo gitu berarti kompetitornya Tanibox sendiri secara global gitu siapa aja?

O: Kompetitornya Tanibox… ya tergantung dari produk apa dulu karena kita kan ada beberapa produk, misal kayak Tania kan farm management system. Satu lagi ada farm management system yang open source, namanya FarmOS. Dia ada produk gratisnya yang open source-nya dan ada produk yang enterprise-nya namanya Farmier. Tapi dia nggak fokus di IoT, jadi bener-bener management system aja. Terus ada juga yang dari UK, namanya Agrivi, terus ada dari Portugal… banyak sih sebenernya, tapi yang open source ternyata cuma dua dunia. Cuma Tania sama FarmOS. Kita juga kaget, karena di GitHub itu ada yang bikin list gitu kan, list tools teknologi pertanian. Nah, yang open source farm management system itu cuma Tania dan FarmOS. Yang lainnya berbayar.

K: Berarti kalo dari sisi lokal sendiri belom banyak yang adaptasi teknologi kaya gini ya sebenernya?

O: Belum ada. Kalo kita kan ke mana pasar dateng ajalah. Pasarnya dari mana ya kita ngikut aja. Soalnya kalo maksain diri, misalnya maksain diri bertahan di sini tapi nggak ada customer kan kita bleeding.

K: Iya itu dia.

O: Karena itu sebenernya permasalahan kita tahun lalu sih. Tanibox itu kan sebelumnya ada PT.

K: Jadi ada di Estonia dan di Indonesia juga jadi PT?

O: Ada namanya PT Tanibox Agritech Indonesia. Nah, karena bisnisnya nggak jalan ya udah ditutup aja. Nggak ada aktivitas bisnis.

K: Berarti sekarang cuma yang di Estonia itu ya?

O: Yap betul sekali.

G: Kalau dari observasinya Mbak Ocha sendiri, kira-kira kenapa sih di Indonesia masih belum bisa kayak di Hungaria gitu, belum bisa adaptasi sama teknologi?

O: Jadi kalo di sini itu, kalo aku liat, orang-orangnya kan masih yang tipikal konvensional yah. Belum ngerti banget-banget cara apply teknologi. Gampangnya aja yang pake mesin bajak sawah aja bisa dihitung dengan jari. Apalagi menggunakan teknologi kayak komputer, ponsel pintar, belum sampe situ sih. Dari situ udah keliatan. Terus dari sisi infrastruktur teknologi juga belum memadai, kayak misalnya konektivitas Internet aja, di kota-kota besar bagus. Tapi begitu masuk area pertanian kan ada di rural area, bukan di kota. Nah masalahnya itu. Kalo di rural area konektivitas nggak terjamin, gimana bisa reliable? Terus kemudian kalo ngomongin IoT, keamanannya belum bisa diandalin. Kamu naro sensor hari ini, berapa jam kemudian ilang.

K: Sensor bencana aja banyak yang dicuri ya.

O: Itu padahal harganya berapa puluh miliar itu sebiji. Itu mahal banget loh dan itu hilang, dipretelin, berakhir di banyak tempat. Kayak gitu. Terus kemudian teknologinya sendiri pengadaannya masih mahal banget, jauh lebih murah pake tenaga kerja manusia atau tenaga kerja hewan. Jadi apa ya, kalau dari sisi aku sendiri, Indonesia itu sebenernya masih ada di fase ekonomi yang pertama. Bener-bener fase mengolah raw material. Untuk penerapan teknologi sebenernya masih jauh banget, itu ada di fase ekonomi kedua dan ketiga, di mana penggunaan teknologi untuk pertanian itu harus diadakan karena manusianya udah mulai sedikit yang mau bertani. Kalo di Indonesia kan masih banyak, terpaksa bertani. Karena kasusnya nggak ada pekerjaan lain kalau nggak bertani. Di Indonesia masih kayak gitu. Kalo di negara-negara lain yang lebih kecil, misalnya Thailand, Thailand itu sebenernya pertaniannya lebih maju dari Indonesia loh. Karena apa? Karena negaranya udah mulai mengarah ke manufaktur. Semua tuh harus diotomatisasi. Nah, kalo udah mulai mengarah ke manufaktur otomatis kan tenaga kerja di agrikultur otomatis kan tenaga kerja di agrikultur kan makin sedikit, jadi mau nggak mau harus nerapin teknologi di agrikultur supaya bisa makan. Dan hasil produksinya lebih banyak. Kalo hasil produksinya lebih banyak, bisa dijual dengan lebih murah. Itulah kenapa beras Thailand lebih murah dari beras Indonesia walaupun Thailand itu cuma segitu doang negaranya. Di Indonesia beras harganya masih lebih mahal lho dari beras Thailand.

K: Karena cost produksinya antara pake resource teknologi dengan manusia beda.

O: Iya bener. Kalo misalnya di Thailand pemilihan benih padi itu udah pake apa tuh namanya, pake kultur jaringan. Bukan lagi pake benih. Gampangnya gini, udah pake cloning, tinggal copy-paste, hasilnya sama. Kayak gitu. Tapi di Indonesia belom, belom banyak yang memanfaatkan kultur jaringan. Jadi hasilnya belum produktif di hektar sawahnya. Sementara di Thailand itu bisa lebih dari lima kali lipat dibanding produksinya Indonesia. Itu dari sisi beras, belum yang lain-lain.

K: Menarik banget ya kalo ngomongin pertanian tuh rasanya pengen berjam-jam ngomong sama Mbak Ocha.

O: Aku juga nggak tau gimana akhirnya bisa bener-bener belajar sampe seluk-beluknya kayak gitu. Karena kan sebenernya selalu apa ya, dari dulu kan selalu fokusnya di teknologi. Lama kelamaan, jadi generalist, belajar yang lain.

K: Kalo sekarang kan selain Tanibox ada Chloe and Matt, running dua bisnis yang berbeda. Itu gimana sih cara manage-nya? Ada tips and tricks tertentu nggak?

O: Itu kan adalah bisnis yang completely different, dalam artian produk yang dijual emang beda banget kan. Kalo aku sih lebih ke manage dua bisnis itu kuncinya yang pertama tuh harus tau kenapa, kenapa mau ngejalanin dua bisnis bersama dalam waktu bersamaan? Kalo aku drive-nya adalah, aku punya goals, apa yang pengen aku raih. Kayak aku bilang di awal tadi. Interest aku kan nggak cuma di sustainable agriculture tapi juga entrepreneurshi dan edukasi kan. Dan Chloe and Matt ini jadi kayak rumah kedua buat aku untuk ngejar goals itu. Terus yang kedua tuh karena udah punya goals, udah punya strong will, kudu didefinisin supaya lebih produktif. Setelah itu, belajar disiplin buat bagi waktu. Mau ngerjain yang mana? Karena Tanibox-nya masih jalan, Tanibox ada beberapa produk. Misalnya SaaS yang mau dirilis. Abis SaaS keluar, ada aplikasi mobile yang mau dirilis. Itu kan udah punya banyak produk lagi. Kemudian C&M, karena bentuk bisnisnya adalah agency, jadi harus komunikasi dengan klien kan. Ngerjain produk-produknya klien, itu juga harus dibagi waktunya. Dan yang terutama sih delegasi. Pinter-pinter delegasi. Siapa ngerjain apa, kapan, timeline-nya gimana, gitu sih.

K: Nah kalo yang C&M itu, itu running-nya sama siapa aja timnya?

O: Kalo sekarang cuma berdua.

K: Sama suami?

O: Iya aku sama suami doang.

K: Aku boleh nanya nggak nih, gimana sih rasanya running bisnis sama suami gitu? Harus ngebedain antara permasalahan rumah tangga sama bisnis gitu nggak sih? Atau nyampur aja?

O: Kadang-kadang udah jadi kayak gado-gado, campur aduk. Tapi sebenernya gini, semuanya kan ada plus minusnya. Plus-nya adalah, pikirannya tuh cepet nyambung, karena aku nikah udah lima tahun gitu kan. Udah tau gitulah cara dia mikir, dia udah tau cara aku mikir, meski kadang-kadang masih oh gitu. Terus pemikirannya cepet nyambung dan saling mahamin. Terus bagi tugasnya tuh enak, kayak yang tadi aku bilang kudu pinter-pinter delegasi kan siapa yang ngerjain apa. Karena aku sama suami meskipun sama-sama bisa ngoding, skillset-nya beda, jadi bisa saling ngelengkapin. Terus kita punya tujuan yang sama, fokusnya di apa? Di product development dan edukasi. Karena tujuannya udah sama jadi lebih mudah untuk ngejarnya. Yang terakhir, saling percaya aja sih sama porsi kerjaannya masing-masing. Tapi kalo minusnya, misalnya nih ketemu 24 jam. Nggak ada tuh namanya waktu kerja, waktu rumah tangga, waktu main, ya udah semuanya campur aduk. Terus selain itu, kalo bikin bisnis, misalnya mendaftarkan bisnis secara legal, suami istri nggak boleh punya bisnis bersama. Karena kan harta suami istri dihitung satu, dihitung bareng, jadi ya… harus bagi-bagi mana, siapa yang menjadi bos di perusahaan tersebut. Makanya kita punya dua bisnis. Jadi walaupun di Estonia sendiri pun juga begitu, jadi tidak mengakui pemisahan harta antara suami istri, jadi suami istri jadi satu hartanya. Jadi bikin bisnisnya dibagi dua. Terus kemudian kalo punya karyawan nih ya, kayak Tanibox kan ada, kadang kalo di chatroom tuh suka awkward, di chatroom kan harus profesional. Kadang suka ngerasa awkward gitu. Terus yang terakhir yang paling nggak enak adalah nggak bisa mecat pasangan. Kalo marah akhirnya kan paling ngegerundul

K: Aku ngebayanginnya gitu sih, pasti kalo misalnya ada masalah nggak bisa ke mana lagi kan, karena ketemu tiap hari juga.

O: Sedangkan dulu sebelum di Tanibox kan suami punya bisnis sendiri, ada karyawan nggak perform tinggal dipecat aja. Tapi kalo bisnis berdua gini, ya kalo bikin salah ya harus mau acknowledge salahnya apa terus ya move on. Nggak bisa mecat.

K: Nah, terakhir nih. Ada saran nggak sih buat pendengar yang mungkin berencana bikin tech business mereka sendiri?

O: Jadi buat temen-temen yang mau bikin tech business sendiri, saran aku adalah, belajar mengenali permasalahan yang ada di sekitar kamu. Jadi, apa ya, banyak-banyakin ninggalin laptop dan ruang kerja dan terjun ke masyarakat, observasi lingkungan di sekitar, karena selalu ada masalah di lingkungan kita. Tapi masalah itu kudu dicari solusinya, kemudian solusinya harus divalidasi, apakah bener-bener dibutuhin apa nggak. Baru deh bikin produknya. Terus kemudian develop bisnisnya. Nah yang kedua, kudu tau target market-nya siapa. Jadi setelah acknowledging permasalahannya, kan kita nggak bisa menyasar… semua orang punya masalah yang sama. Nggak mungkin. Masalah aku belum tentu masalah kamu. Itu gunanya validasi. Setelah validasi, perlu mikir lagi, target customer-nya siapa? Kita mau rilis produk ini pertama kali, misalnya minimum viable product-nya ke siapa, harus tau. Dan mengenali customer itu harus sedalem-dalemnya lah. Terus yang ketiga, paham basic bisnis. Jadi paham dasar-dasar berbisnis itu apa. Nggak hanya sekedar bikin produk teknologi. Kalo kamu jago di teknologi tapi nggak terlalu paham bisnis, mulailah belajar bisnis. Mulailah cari tau apa sih bisnis itu. Banyak kok sumbernya, nggak perlu mahal-mahal, yang gratisan di YouTube juga banyak. Di Internet sumbernya banyak banget, tinggal googling. Itu gampang. Atau baca buku kalo emang suka baca.

K: Ada rekomendasi buku bisnis untuk pemula gitu nggak?

O: Rekomendasi buku bisnis untuk pemula… aku punya ini sih, aku punya dua rekomendasi sih. Jadi yang pertama itu adalah judulnya The Grid. The Grid ini penulisnya itu Matt Watkinson, jadi The Grid ini dia yang ngebikin framework untuk bisnis. Itu banyak banget yang bisa dipelajarin, basic-basic bisnisnya ada, tapi basic teknologinya juga dibahas. Terus yang kedua itu buku saku, kecil banget, bukunya Profesor Ram Charan. Beliau ini profesor bisnis di Harvard, dia bikin buku What the CEO Wants You to Know. Dia ngajarin basic bisnis itu seperti apa, tapi dia juga ngasih contoh dari bisnis-bisnis besar yang udah ada, salah satunya dari Amazon, dari Starbucks kayak gitu. Karena sebenernya walaupun berbasis teknologi, business is business. Apapun itu. Jadi konsep dasar bisnis tidak meliputi teknologinya, tapi ya itu yang diajarin sama Profesor Ram Charan. Aku paling suka dua buku itu sih. Sebenernya buku-buku lain banyak, tapi buku-buku lain itu banyak yang nggak ngebahas bisnis yang lebih… apa ya, buat aku dua buku itu tuh mudah dicerna. Sama ini sih, pesen aku, kalo untuk orang-orang yang udah pernah pekerjaan, misal jadi karyawan, tapi juga pengen punya bisnis sampingan, jangan terburu-buru buat resign.

K: Kenapa tuh?

O: Gini… jadi, ngejalanin bisnis itu nggak bisa langsung bisa berhasil. Bisnis itu setahun pertama tuh pasti down dulu tuh, jatoh, di bawah bangetlah kondisinya. Susah nyari customer, terus ya pokoknya harus hustling banget kan. Nah, kalo lagi di masa hustling kayak gitu, nggak punya pekerjaan, wah itu rasanya nelangsa banget loh. Jadi saran aku kalo untuk orang-orang yang misalnya kayak kalian nih, kalian pengen bisnis sampingan, yaudah bisnis sampingannya dijalanin dulu sampai bisnisnya sustain, baru mikirin resign supaya bisa fokus ke bisnis it’s okay. Tapi yang penting bisnisnya take off dulu, jangan resign. Karena apa ya, untuk orang-orang yang udah kerja tapi pengen punya bisnis sampingan tuh harus punya fallback option. Kalo di pemrograman kan dikasihtau kan, fallback option itu nggak boleh gagal. Jadi kalo misalnya kamu milih untuk jadi pebisnis, kamu meninggalkan pekerjaan kamu, untuk fokus di bisnis. Terus misalnya bisnisnya nggak take off, bisnisnya gagal. Terus kalo kamu nggak punya fallback option, hidupnya mau dikemanain? Kamu bisa gila. Harus punya fallback option.

K: Ini sebenernya mirip sama konsep yang aku baca di ini sih, bukunya Elizabeth Gilbert, yang judulnya Big Magic. Jadi di situ tuh…. ini konteksnya lebih ke creative living, jadi si Liz itu bilang bahwa living a creative live is like having an affair. Jadi kayak kita punya selingkuhan. Meskipun kita masih ada main job kita, kita tetep harus make time untuk creative living kita sebelum bener-bener bisa take off. Itu bener juga sih, itu pesen yang sangat masuk akal untuk menjalani creative living dan ternyata apply juga di bisnis ya.

O: Betul, soalnya aku bisa ngomong gini karena aku ngerasain sendiri, bukan belajar dari orang lain. I learned the hard way. Kalo bisa temen-temenku jangan sampe kayak gitu.

K: Wah menarik banget ya. Kalo dari yang aku ringkas sih, dari pembicaraan kita sama Mbak Ocha, kayaknya paling penting untuk memulai bisnis itu, satu, harus mulai dari permasalahaannya dulu. Kayak kita harus define why-nya dulu. Setelah why-nya ketemu, kita harus validasi nih ke target atau pasar kita, solusi kita beneran works buat mereka nggak sih? Jadi harus divalidasi dulu sebelum benar-benar running secara serius.

G: Sama yang aku suka tadi Mbak Ocha bilang sering-sering terjun ke society ya kalo nggak salah, aku suka banget sih, karena ya bener sih teknologi itu kan sebenernya bukan tujuan akhir tapi teknologi itu lebih ke tool atau cara buat kita untuk menyelesaikan masalah. Jadi kalo kita ingin solve a problem nggak bisa yang kayak kita cuman duduk di depan laptop ngoding aja, kita harus bener-bener liat juga sebenernya permasalahan yang bisa di-solve apa.

O: Yap betul, karena aku percaya ketika bisnismu bisa bikin value untuk orang lain, untuk society, mereka akan terus-terusan mau pake produk kamu. Jadi bikin produk yang impactful itu nggak bisa cuma duduk di kantor dan berharap produknya bakalan sukses banget, nggak bisa, tetep harus keep in touch dengan realita gitu.

K: Wah, ini kalo bisa diperpanjang sih diperpanjang. Udah ashar juga. Nah thank you banget nih ya Mbak Ocha udah mau ngobrol bareng kita dan berbagi pelajaran tentang bisnisnya.

O: Aku suka banget sih dengerin tiga episode kemarin, insightful banget.

G: Thank you!