Transkrip - Episode 17 - Anbita Nadine Siregar
Kiki (K): Halo semuanya, kita balik lagi di Kartini Teknologi, Kiki dan Galuh di sini. Hari ini kita udah nyampe episode 17 dan sama kita udah ada yang namanya Nadine Siregar, founder dari Generation Girl, sebuah program yang mungkin kamu udah pernah dengar sebelumnya. Apa itu Generation Girl, kita akan bahas sama Nadine. Sebelumnya kita sapa dulu ya orangnya. Halo Nadine apa kabar?
Nadine (N): Hi, kabarku baik, apa kabar?
K: Baik alhamdulillah. Cool. Mungkin temen-temen banyak yang penasaran sm Generation Girl atau program lain yang Nadine jalani, tapi seperti tamu lain kita berangkat dari pertanyaan gimana sih dulu Nadine tertarik ke dua teknologi?
N: Sebenernya aku nggak tau computer science itu apa, mungkin sedikit perkenalan dulu, halo semuanya aku Nadine, aku dulu gedenya di Singapur, terus kuliahnya di Amerika, aku balik lagi ke Jakarta buat kerja, terus aku pindah balik ke Singapur, sekarang aku lagi S2 di London. Jadi sebenernya pas pilih jurusan di kuliah aku nggak tau computer science itu apa. Tapi di kuliah aku kita harus ambil semua jurusan sebelum kita pilih satu gitu, namanya foundational arts. Sebelum lulus kita harus take 1 kelas social studies, 1 kelas science, 1 foreign language dll. dan salah satu jurusan itu adalah math and computer science. Dan jujur aku benci math, soalnya aku dipush banget sama ortu aku pas kecil buat do math, jadi aku harus ikut math camp, ikut in Kumon gitu-gitu dan aku sampe sekarang benci banget sama matematika. Jadi pas aku disuruh pilih jurusan dari antara matematika sama computer science, aku pilih computer science walaupun aku nggak tau itu apa. Aku ambil kelas web development, diajarin HTML, computer scienceS, PHP sama Javascript, terus aku suka aja. Aku suka dengan kenyataan bahwa aku bikin sesuatu dari 0. Itulah mulainya, satu kelas aja iseng-iseng. Semester kemudian aku coba lagi kelas lagi, dan akhirnya jadi computer science degree. Tapi sebenernya nggak pernah ada ketertarikan beneran pas aku kecil, itu keberuntungan aja aku ketemu computer science dan akhirnya suka banget.
Galuh (G): Nadine kan habis kuliah, langsung kerja di Gojek, bener ngga?
N: Yap. Aku lulus pertengahan Juni, terus ada bulan puasa, abis bulan puasa, lebaran, Senin abis lebaran itu langsung kerja di Gojek. Kayak langsung banget gitu.
G: Out of all companies, kenapa sih milih Gojek?
N: Jadi sebenernya pas aku daftar di Gojek, aku gedenya di Singapur kan, aku nggak begitu tau tentang tech space di Indonesia. Abis aku lulus, kuliah, balik ke Jakarta, itu pertama kali aku tinggal di sini. Aku nggak tau tech space nya gimana. Ortu aku cuma bilang, oh mungkin kmau mau apply buat beberapa perusahaan ini, dan Gojek adalah salah satu dari perusahaan itu. Pas aku interview sama beberapa perusahaan itu, Gojek itu lebih pas culture-nya aja, karena mereka udah lumayan forward thinking, udah startup culture banget di mana aku udah kebiasaan itu di US, nggak terlalu tradisional juga kan. Walaupun masih kecil banget Gojek tuh pas dulu itu udah lumayan forward thinking gitu, jadi itu lebih ke culture fit, dan mereka engineering juga bagus banget di standar Indonesia. Dan mereka juga bilang akan nambahin orang di luar juga untuk memperluas pengetahuan engineering mereka. Aku tertarik aja ke perusahaan ini yang sebenernya aku belom pernah pake produknya dan aku nggak tau impact-nya Gojek di 2016 itu. Aku mikirnya bukan karena impactnya, tapi buat diri aku sendiri kan, aku baru di Indonesia, di Jakarta, Bahasa Indonesiaku nggak terlalu bagus, jadi aku perlu culture aku rasa paling aman buatku itu di Gojek.
G: Gojek adalah salah satu perusahaan yang impact-nya gede bangetlah buat Indonesia. Gimana sih rasanya jadi engineer di company yang banyak orang bergantung ke sana?
N: Sebenernya pas aku join Gojek aku nggak tau sama sekali tentang impactnya Gojek di Indonesia. Ketika pertama join banyak tante-tante, om-om, temen-temen yang kayak Nadine kamu keren banget udah kerja di Gojek, dan aku kayak kenapa mereka masih tertarik? Karena buat aku itu cuma sebuah perusahaan, sebuah produk aja. Ketika aku ngerjain produknya, tentu tiap hari kita pesen GoFood, aku mulai pake produk-produk Gojek berbeda dan mengerjakan beberapa project berbeda juga aku liat impact Gojek, itu ngebantu bukan cuma customer sendiri tapi to meningkatkan livelihood driver-nya. Buat aku itu memantik sesuatu, karena sebelum aku kerja di situ aku ngga tau impactnya gimana dan belum pernah mikirin caranya bikin impact dengan bisnis. Ketika aku kuliah, semuanya tentang kode, angka nol dan satu, aku mau bikin produk, produk itu apa ya terserah. Tapi pas aku liat caranya Gojek bikin impact di Indonesia, aku terinspirasi banget, dan sesungguhnya itu mengubah perspektif aku tentang produk apa yang aku ingin buat, tapi juga aku mau jadi orang seperti apa. Aku ngga mau, kalo misalnya ditanya buat kerja di perusahaan yang bikin sesuatu yang super impactful dengan uang yang lebih sedikit, dibanding sesuatu yang buruk banget tapi aku dapet jutaan dolar, aku akan pilih yang impact-nya paling besar, karena Gojek ngajarin aku tentang impact first. Gimana rasanya jadi engineer yang ngerjain produk kaya gitu, bukan hanya mengubah kehidupan para driver tapi juga kehidupanku. Aku tau ini kedengeran garing banget tapi Nadine Siregar 2016 dan sekarang tuh kayanya beda banget karena Gojek ngajarin aku gimana caranya buat ngebantu orang dengan cara-cara yang kreatif.
K: Ngomongin impact, aku liat Nadine kan tiga tahun di Gojek. Itu kan rolenya sebagai product engineer. Di tim apa aja sih dulu?
N: Banyak sih. Aku mulainya di Food, terus aku ke Transport, GoMed, and then aku pindah ke Platform yang ngerjain hal-hal yang bukan produk kayak home screen gitu-gitu. Terus ke GoShop. Aku juga pernah jadi backend engineer juga buat tiga bulan, mau coba iseng gitu tapi aku nggak suka jadi aku balik ke iOS. Tapi yang aku suka sama Gojek, aku pernah bosen sama suatu produk, aku ditaro di produk lain, mereka ngejaga engineersnya dan mastiin kita bukan cuma happy tapi masih terus belajar juga.
K: Role-nya sendiri itu kerjanya ngapain aja sebagai product engineer?
N: Aku kerja sama product designers, product managers, and other engineers buat bikin produknya. Misalnya product designer udah ada flow sama desainnya, aku bikin fiturnya, terus kalau ada bug, banyak bugs, aku juga harus fix itu, kita juga ada beberapa workshop di mana kita belajar sama engineer lain, kita juga harus traveling karena pas aku di situ ada tiga kantor engineering di tiga negara, jadi kita harus travel tergantung member tim kita di mana, I got to travel a lot which is nice. Basically bikin fitur-fitur dan fixing bugs dan belajar-belajar aja.
K: Sebagai product engineer, kamu ngerjain banyak fitur dan nyoba di berbagai tim. MAsih inget nggak achievement selama jadi product engineer yang terbesar selama ini yang Nadine pernah capai?
N: Banyak banget, apa yang aku dan Galuh udah bilang ya, kayaknya menurut aku yang aku paling bangga itu yang paling punya banyak impact. Mungkin bukan achievement tapi hal keren yang aku lakuin di Gojek, aku pernah ikutan WWDC, itu annual conference dari Apple buat iOS engineers. Aku ke WWDC 2018 dan aku bisa coba-cobain fitur-fitur Apple yang baru, dapet beta versions dari fitur-fitur yang dirilis tahun itu, mereka kan juga ada workshop juga, jadi aku ke beberapa workshop itu aku belajar caranya integrasiin beberapa fitur dari Apple ke aplikasi Gojek, dan aku iseng bikin beberapa fitur dari situ. Bukan achievement banget sih, karena itu by luck aja kan, tapi aku pikir itu hal yang keren banget yang aku nggak pernah kepikiran bisa lakukan, aku ngga pernah nyangka bisa ke WWDC tapi gara-gara Gojek aku bisa ikutan. So that was really cool.
K: Nadine kan punya yayasan yang namanya YGMB kan. Dan itu yang membawahi Generation Girl dan program lain. Bisa jelasin nggak YGMB itu apa sih dan programnya apa aja?
N: Aku tau Yayasan Generasi Maju Berkarya itu lumayan panjang jadi pendeknya kita panggilnya YGMB aja, lebih mudah. Tapi YGMB ini adalah yayasan di mana kita ada beberapa program, pertama Generation Girl, kita mulai sama Generation Girl ini, aku bisa ceritain lebih lanjut tentang itu. Abis kita kerjain Generation Girl, kita juga liat di mana ada masalah atau improvement yang kita bisa bikin di pendidikan di Indonesia. Makanya kita expand dari Generation Girl ke YGMB ini, karena kita nggak mau cuma di satu masalah aja, tapi kita mau bikin impact di pendidikan, fokusnya di IT, pendidikan IT di Indonesia. Jadi beberapa program, salah satunya Generation Girl, tapi ada juga Pengajar Belajar. Di Pengajar Belajar ini kita ngajarin guru-guru IT industry-standard skills basically. Jadi ada banyak banget guru-guru IT, mereka mungkin udah ngajar puluhan tahun tapi apa yang mereka ajar nggak selalu connect atau fit sama apa yang dipakai di industri. Jadi kita mau bikin program yang bantuin mereka sama industry-level skills. Selain Generation Girl kita juga ada program-program lain tapi Generation Girl adalah titik mulainya.
G: Ngomongin mulainya dari Generation Girl, apa sih yang membuat Nadine mikir bahwa, kita butuh Generation Girl sekarang nih?
N: Pertanyaan bagus, soalnya sebenernya nggak ada satu momen yang aku kayak, Indonesia butuh Generation Girl sekarang nih. Ada banyak banget pengalaman personal di hidupku yang dorong aku untuk bikin Generation Girl, aku nggak pernah mikir Indonesia butuh Generation Girl sekarang, aku cuma mikirnya aku butuh Generation Girl. Karena alasannya personal banget, sebagai engineer perempuan, dan aku nggak terlalu liat local role models di bidang ini.Keren sih ngeliat impact Generation Girl sekarang, tapi jujur aja aku nggak pernah kebayang Generation Girl akan segede ini. Aku nggak liat banyak female leaders kan, and aku selalu ngerasa singled out karena aku engineer perempuan. Kalau misalnya aku lagi di konferensi atau aku di luar mana gitu, kalau orang tau aku engineer, mereka ga pernah bilang, misalnya aku ngomong di conference mereka ga pernah bilang aku engineer, mereka selalu bilang aku engineer perempuan. Kenapa gender penting? Kalau ada engineer yang laki-laki, mereka gak bilang dia engineer laki-laki, mereka cuma bilang dia adalah engineer. Tapi gitu aja sih aku selalu bingung kenapa aku selalu disingle out gara-gara aku perempuan. So yeah itu sih, ini cuma hypothesis tapi menurut aku kalau misalnya ada lebih banyak female leaders di bidang ini, dan being a female engineer itu keliatan lebih normal, mungkin itu akan membantu situasi itu, kalau misalnya kita wanita kita nggak singled out sebagai engineer perempuan, kita bisa diliat sebagai engineer aja. Jadi tujuan buat Generation Girl itu cuma bikin lebih banyak female leaders di bidang-bidang yang didominasi laki-laki sama goal untuk menjadikan itu normal untuk mempunyai banyak leaders perempuan. Dan aku harap itu bisa membantu situasinya. Dan ini cuma hipotesis aku aja ya jadi semuanya pengalaman personal buatku, makanya aku nggak pernah mikir Indonesia butuh Generation Girl, lebih selalu kayak gimana caranya aku bisa membantu pemimpin perempuan generasi-generasi masa depan dengan support yang aku nggak ada sampe sekarang.
G: Kalau dirangkum awalnya itu lebih ke, ini sesuatu yang kamu pengen punya waktu kamu kecil, bener nggak?
N: Yeah! Aku rasa aku akan lebih maju lagi kalau udah dikenalin ke computer science sejak kecil. Aku dikenalin ke computer science ketika kuliah, dan kuliah itu udah lumayan set nggak sih apalagi di Indonesia, jurusan kita harus milih IPS atau IPA, pas kita 14-15 tahun gitu. Dan kalau kita kuliah, ada banyak kuliah di Indonesia yang nggak ada foundational arts kan, mereka langsung kuliahnya dengan jurusan yang ada gitu. Makanya kita targetnya anak-anak SMP SMA, sebelum mereka bisa pilih bidang apa yang mereka pilih, aku nggak mau kayak… kalau misalnya kita udah 20an ke atas menurut aku itu udah terlalu lambat buat membantu mereka milih path hidup. Ada banyak banget sih perempuan gitu yang mungkin temen-temennya ikutan, terus mereka ya udalah mereka ikutan juga, atau orang tuanya maksa mereka ikut, terus abis minggu pertama atau kedua mereka kayak “kak aku boleh extend lagi nggak?” nggak accident tapi mungkin mereka ngga seexcited buat join, tapi abis mereka join mereka ngerasain komunitasnya dan ngeliat perempuan-perempuan yang ngelakuin hal-hal keren dan mereka jadi terinspirasi. Momen-momen favoritku adalah ketika anak-anak perempuan ini mikir ini bukanlah sesuatu buat mereka, atau mereka tuh nggak punya skills untuk bikin sesuatu, terus mereka bikin, terus mereka bikin dan mereka ngalamin aha moment, itulah momen favoritku.
G: Komunitas dan role models penting banget sih menurutku juga gitu.
K: Nadine sendiri punya role models nggak di industri tech ini?
N: Ya I have a lot, salah satu advisorku Crystal dia dulu di Gojek kan, dia salah satu temen baikku, tapi juga role model yang keren, karena dia salah satu yang punya sukses di dalem bidang ini tapi lumayan lokal so I really really relate to her in that way. Dan semuanya di tim Generation Girl menurut aku mereka punya kekuatan masing-masing, misalnya Tania Soerianto dia salah satu cofounder YGMB, dia CPO kita, salah satu pahlawan buatku, dia masih muda tapi udah ngelakuin banyak hal di hidupnya. Aku tuh suka orang yang mikirnya beda sama aku, jadi aku ngga suka orang kalo misalnya aku bilang sesuatu mereka kayak oh iya iya aja, mereka challenge aku dan bikin aku mikir di cara yang berbeda. Menurut aku kalau aku bisa kerja sama orang kayak gitu, aku terinspirasi sama mereka.
K: Setuju banget sama itu. Terus tentang program Pengajar Belajar ini, motivasi awalnya apa sih untuk bikin program itu?
N: Pengajar Belajar itu program kita untuk up-skilling guru-guru IT di SMA dan SMK kan, habis aku resign dari Gojek terus aku decide buat kerja di YGMB full time, kita udah ada beberapa program di Generation Girl yang udah jalan dengan baik dan aku lagi mikirin impact apa yang kita buat kan gimana caranya kita bikin impact yang lebih besar lagi dari yang kita kerjain sekarang? Aku ngobrol sama beberapa orang, dan mereka bilang kalau kita emang mau bikin impact, walaupun kita di bidang pendidikan, kita harus masuk ke pendidikan formal, SMP SMA/SMK, sistem pendidikan formal. Aku kan juga nggak sekolah di Jakarta atau Indonesia kan, aku mau mastiin kita memahaminya dengan bener, aku nggak mau kita cuma launch program aja terus menurut aku itu mungkin akan membantu tapi nggak bikin impact sama sekali. Menurutku sedih banget ketika kamu kerja keras untuk ngerjain sesuatu dan ngga ada impact yang dibuat. Ketika kita memutuskan untuk masuk ke sistem pendidikan formal, kayak oke kita go full-time di YGMB dan coba bikin impact di dalem pendidikan formal di Indonesia, kita ngomong sama banyak banget stakeholder. Kita ngelakuin empat bulan riset sebelum memutuskan sebuah program. Kita udah punya ide, kita mau fokus di IT tapi ya udah. Kita ngomong sama banyak banget orang. Kita ngomong sama guru-guru, students juga, orang tua, sama orang yang punya sekolah, kepala sekolah, sama banyak banget orang bukan cuma di Jakarta aja tapi aku juga ke Jogja, my team juga ke Solo, ke Surabaya, ke mana-mana buat memahami kita mau ngerti pendidikan Indonesia itu masalahnya di mana dan gimana kita bisa memecahkan masalah itu. Dan salah satu masalah yang paling gede, apa yang diajarkan di sekolah nggak selalu match sama apa yang ada di industri. Jadi kita bikin program Pengajar Belajar—soalnya brandnya nggak cocok sama Generation Girl ya jadi kita harus bikin sama branding lain—di mana kita bisa bantuin guru-guru di bidang IT ini bikin kurikulum yang lebih deket sama apa yang dibutuhin sama industri. Ini pertama kita kerjain program ini, untuk tahun ini kita mau impact atau reskill 1,000 guru. Next stepnya, kalau ini sukses, kita mau bikin jalur buat murid-murid yang akan membantu mereka cari pengalaman industri. Tapi the goal of Generation Girl and YGMB as a whole dan Pengajar Belajar sebenernya sama sih, kita mau bikin impact, mau memajukan Indonesia di bidang IT di bidang STEM tapi jalurnya beda-beda aja gitu.
G: I see, karena kita sebenernya udah punya gruu-gurunya, mungkin emang perlu perkembangan tapi kita udah punya guru-guru yang bisa ngajarin, tanpa guru-guru ini nggak bisa scale. Bener nggak sih?
N: Bener banget. Kita lagi nyiapin program besar kita di bulan Juli dan Agustus kan, harusnya di bulan Juni tapi karena covid kita harus postpone, jadi sekarang di Agustus. Tapi kita udah punya workshop akhir pekan mingguan buat bantuin mereka transisi dari kelas offline ke kelas online. Sebenernya mereka udah punya… bukan cuma punya skills, tapi mereka semangat banget buat belajar hal baru. Mereka hari Sabtu, Minggu jam 9 pagi - 11 pagi ikutan workshop kita buat belajar skill dan tool baru yang mereka bisa pake. Kita bikin banyak workshop dengan banyak resources yang bisa mereka pakai di pandemi ini. Menginspirasi banget buat liat bahwa mereka emang semangat banget belajar sesuatu, makanya kita bikin kurikulum ini dan kita kerja keras banget buat bikin kurikulum ini, karena kita udah liat guru-gurunya udah semangat banget, kita juga semangat karena gurunya juga semangat.
K: Itu targetnya untuk SMA juga atau mungkin lebih fokus ke SMK mungkin yang langsung ke industri gitu kan?
N: Kita fokusnya SMA/SMK tapi SMA juga karena kita liat banyak kesamaan di kurikulumnya, tapi semoga kita impact-nya ke SMK lebih banyak karena bener mereka langsung ke industri kan, makanya next step kita, ini kan tahun pertama kita, kita mau make sure mereka foundational skillsnya udah bagus. Aku juga nggak mau bikin jalur ke industri kalau sebenernya murid-muridnya sebenernya belum siap. Kita mau mundur sedikit dulu, pastiin apa yang diajarin sama guru-gurunya udah pas, kalau misalnya kita udah dipastiin itu bener, baru kita akan bantuin mereka cari jalur ke industrinya langsung.
G: Berarti fokusnya kan ke industri, yang dibayangan aku sih, industri itu kan berubahnya cepet banget ya, gimana sih caranya supaya yang udah dilatih melalui Pengajar Belajar itu tetep relevan gitu?
N: Pertanyaan bagus. Dari sisi kita, kita nggak fokus di satu language/tool/resource, kita fokusnya lebih ke skill-skill dasar. Ini sesuatu yang ada juga di Generation Girl, tapi di semua program kita juga. Kita mau ngajarin 5 skill-skill dasar yang kita pikir penting banget atau harus dimiliki seorang future leader: problem solving, critical thinking, building up their confidence, building up their compassion, dan communication. Di semua program kita selalu ada aspek ini, karena kalau misalnya mereka guru atau anak murid, sebenernya mereka future leaders, atau bahkan udah seorang leader, dan inilah skills yang penting buat jadi seorang leader.
K: Oke, jadi ngomongin tentang impact lagi nih, ada ngga sih cerita menarik dari alumni-alumni Generation Girl atau Pengajar Belajar yang ceritanya menarik karena dapet impact dari program tsb.?
N: Kayanya aku udah cerita dikit tapi ada beberapa anak-anak yang mereka sebenernya nggak mau ikut program kita, tapi abis itu disuruh atau dipaksa orang tuanya, seminggu dua minggu mereka semangat banget dan mereka mau perpanjang sendiri. Buatku itu kisah sukses karena itu berarti kita ngasih liat seseorang bahwa sesuatu yang mereka pikir mereka ga bisa lakuin, sebenernya mereka bisa. Menurut aku itu yang paling sukses sih. Tapi setiap minggu di Generation Girl atau at least pas holiday club kita, di mana kita ajarin topik-topik beda di IT di STEM gitu kita ngajarin anak-anak perempuan ini, tiap minggu kan mereka harus ngerjain proyek akhir, kita bilang mereka bisa bikin apa aja. Kita cuma kasih guideline aja misalnya bikin website. Of course mereka harus bikin website pas final projectnya. Tapi website yang harus bikin kita nggak ngasih guideline apa-apa jadi mereka harus pake kreativitas masing-masing. Dan oh my god tiap minggu mereka melewati ekspektasi kita. Ekspektasi kita udah tinggi banget ya, soalnya tiap minggu kita udah tau ekspektasi kita harus tinggi, mereka bisa lakuin hal-hal keren, tapi mereka selalu lewatin itu semua, mereka pinter-pinter banget, dan jujur aja waktu aku SMP SMA aku nggak sepinter itu. Aku nggak pikir aku sepinter itu, tapi anak-anak perempuan ini… it’s really crazy buat liat banyak hal yang mereka pelajari di waktu sesingkat ini. Mereka tuh cuma ada seminggu dan mayoritasnya belum pernah coding sama sekali. Dan dalam seminggu mereka bisa bikin website sendiri atau mobile app sendiri. To me that’s pretty crazy that they can do so much so quickly. Jadi aha moment ketika mereka bikin sesuatu yang mereka pikir mereka gak bisa bikin buatku itu yang paling rewarding banget sih.
K: Pasti priceless sih rasanya, ini mungkin ngga sebanding sih tapi kita dapet tweet kayak setelah kita ikut workshop kakak kita bisa jadi speaker, itu kita aja udah seneng banget sih. Apalagi kaya Nadine gini itu pasti priceless banget sih.
N: Iya aku masih inget banget sih, pas pertama ngerjain Winter Club 2018 seinget aku, program pertama kita kan, cuma seminggu gitu, habis seminggu itu abis semua anak-anaknya dan ortunya udah keluar, tim aku cuma duduk dan kita nangis. Kita langsung nangis gitu soalnya kayak it’s so crazy dalam seminggu ini kita bikin impactnya segede ini. Kayak nggak kebayang banget gitu. Kita kerja keras banget dan it was all worth it, dan aku inget kita cuma duduk di dalem ruangan itu dan semuanya nangis-nangis gitu it was really funny. I mean not funny, it was sad. It was very bittersweet.
G: Dan aku denger ceritanya Nadine jadi wondering juga sih, coba aja semua perempuan di Indonesia punya lingkungan suportif yang sama untuk mengembangkan skills mereka karena lingkungan yang suportif itu bisa ngerubah sebesar itu. Karena girls, mereka udah punya kreativitasnya, skills, pengetahuan, mereka cuma butuh sebuah platform dan support system untuk bisa excel, kalau yang aku tangkep ya.
N: Iya itu bener banget sih, dan yang sedih ada beberapa anak yang ikutan program kita, mereka tuh bingung kalo misalnya kita bilang ke mereka “kamu bisa ngerjain ini”. Seolah-olah mereka belom pernah punya support system sebelumnya, misalnya di summer club last year, kita ada salah satu kelas dan gatau kenapa mereka kaya diem-diem banget. Aku pernah tanya kan, salah satu anak-anak ini, salah satu mentorsnya nanya dan nggak ada yang angkat tangan. Mereka ngga mau jawab soalnya mereka takut. Terus aku duduk sama salah satu partisipan dan aku tanya, “aku tau kamu tau jawaban ini, kenapa kamu nggak angkat tangan?” katanya dia takut soalnya dia nggak mau kayak berisik gitu, dia nggak mau suaranya terdengar. Dan itu bikin aku sedih banget sih, menurut aku itu umum. Itu sebenernya lumayan umum di Indonesia di mana kamu perempuan, jadi kamu harus jadi ini ini ini, kalau mau jadi yang lain nggak usah, itu nggak penting, kamu akan nikah, kamu akan jadi ibu dan kamu akan punya anak-anak dan ya udah kan. Menurut aku kalau itu yang kamu mau, that’s great, tapi kalau kamu mau yang lain, jangan bikin orang sesuatu yang mereka nggak mau. Itu sedih banget, aku setuju banget aku sama yang kamu bilang, mereka sebenernya udah punya kreativitasnya, skillsnya, tapi yang mereka lacking itu rasa percaya diri sama support system yang akan membantu atau ngepush mereka untuk ngerjain sesuatu yang incredible.
K: Aku bisa relate banget sih safe space itu. Menurut aku ngga cuma perempuan ya yang butuh safe space, tapi konteksnya di dunia teknologi perempuan itu udah ada stigma kalau tempatnya perempuan itu bukan di teknologi, jadi kita kurang banget supportnya. Jadi kalau ada yang nyedian support system kayak gitu penting banget sih emang. Oke, ngomongin Generation Girl lagi nih, aku kemarin sempet research dulu nih, aku liat ada bagian menarik di goals 2020 salah satunya adalah move towards financial sustainability. Menurutku ini salah satu hal yanhow g banyak orang struggle ya, bikin sesuatu yang impactful tapi nggak cuma one-off activity aja. Aku pengen tau lebih lanjut aja sih, gimana sih Generation Girl selama ini ngelakuin ini?
N: Aku suka banget pertanyaan ini. Aku belum pernah ditanyain in dan aku suka banget. Pas aku mulai Generation Girl aku kan masih kerja di Gojek. Sebenernya ini cuma iseng-iseng aja, yuk kita bikin-bikin kayak gini karena kita mau bikin impact. Pas aku resign dari Gojek dan ke YGMB full-time, aku sadar aku nggak tau apa-apa. Background aku bukan bisnis sama sekali, dan jangan salah ya yayasan itu masih bisnis. Kita masih ada profit losses, revenue streams, masih ada semuanya. Cuma bedanya aja sama yang lain semua profit dan revenue yang kita bikin harus balik ke program-program kita. Tapi intinya itu masih bisnis. Background aku computer science. Aku nggak pernah ikutan kelas ekonomi, finance, apalah, I don’t even know, bisnis aku nggak pernah sama sekali. I felt lost, I have no idea what I’m doing, aku nggak tau caranya bikin bisnis ini, makanya aku ambil S2 meskipun aku udah trauma banget sama sekolah, aku nggak suka sekolah tapi mau nggak mau kalau aku mau bikin yayasan ini dan bikin impact, mau ngga mau aku harus belajar caranya bikin bisnis atau maintain bisnis. Jadi yang awalnya hanya side project, merubah hidupku, harapannya untuk lebih baik. Aku lagi S2 di jurusan social entrepreneurship, dan aku lagi belajar caranya mengurus bisnis yang seimbang antara impact dan financial sustainability. Salah satu goal buat 2020 ini, ini dibuat sebelum covid so mungkin timelinenya akan sedikit beda sekarang, tapi apa yang mau kita kerjain itu, kita ngga mau bergantung sama donor. Buat sekarang all of our revenue kita 100% dari donor atau sponsor kita kan, and we’re super grateful for them. Kita bersyukur dan seneng banyak banget perusahaan yang udah believe in impact kita. Dan kita tuh udah bangga banget kerja sama mereka. Tapi, fundraising itu susah. Fundraising butuh banyak effort dan penting buat kita untuk nemuin sponsors dan donors baru, tapi yang aku mau bikin adalah revenue stream di dalem yayasan kita di mana revenue itu bisa balik ke program-program gratis kita. Supaya, kalau ada seusatu kaya covid atau pandemi ini, atau sesuatu yang mirip-mirip kejadian, kalau salah satu sponsor atau donor nggak jadi support kita, kita masih nggak apa-apa. Satu hal yang aku pelajari di sekolah adalah untuk membuat streams mu jadi lebih beragam, jangan selalu depend di satu revenue stream. Kalau revenue stream itu ke-cut, kamu nggak punya bisnis lagi. Jadi apa yang aku pelajari di sekolah, sama apa yang dibilang advisor kita, kita mau diversify revenue stream kita aja, di mana of course kita masih ada donors, karena kita nggak bisa sustain everything that we do without their sponsors, tapi kita juga mau punya revenue stream lain, just in case aja anything happens ke partnerships kita, kita masih bisa operational, gitu. Jadi our personal goal for 2020—again this was pre-covid jadi timelinenya akan sedikit beda—dari akhir 2021 kita mau at least 30 atau 40% revenue kita dari kita sendiri, bukan dari donor. Sorry that was like super long, I was just really excited to talk about this.
G: Aku sendiri juga baru tau lho, selama ini aku mikir yayasan bergantung sama donor aja, ini baru banget jadi aku belajar banyak. Tapi ada ngga sih hal lain yang Nadine sebelum mas sekolah mungkin mikir A tapi setelah belajar di sekolah ternyata harusnya B nih?
N: Yang utama itu caranya bikin bisnis, it doesn’t matter itu yayasan atau for profit, tapi intinya you have to be self-sustaining in some way, kamu harus punya sesuatu yang kamu bisa kontrol untuk revenue stream. But what’s really interesting is, di sekolah aku, kita juga ada banyak banget kelas-kelas buat diri kita sendiri sebagai leader di social enterprise. So, yayasan ini, kita mau majuin bukan cuma yayasan aja tapi kita move to a social enterprise model, jadi balance antara impact dan financial sustainability. Salah satu kelas favorit aku adalah The Altruistic Leader, jadi leader di social enterprise kayak gini, ngga bisa terlalu fokus id revenue tapi kamu harus make sure juga impact yang kamu bikin measurable. Ini kelas personal banget, soalnya harus ada banyak self-reflection, di mana aku bisa bilang oh apa yang dia baru ajarin sebenernya aku udah bisa kayak gitu, itu salah satu kelebihan aku. Tapi kadang ada yang dia ajarin yang aku kaya, oh iya itu bener sih, aku harus lebih kaya gitu. Kaya people management, aku ngga terlalu bagus. I’m such a pushover. Aku tuh orangnya nggak bisa terlalu keras gitu. Sebenernya caranya buat ngajarin orang itu harus lebih sabar, kamu nggak boleh bilang apa yang kamu mau kamu harus ngajarin mereka untuk bisa ke tempat yang kamu inginkan. Kayak guru juga sih, jangan kasih jawabannya langsung tapi lebih ke arahin ke jawaban yang bener. Kita lagi banyak ngelakuin hal kaya gitu di internal kita. Kita mulai banyak ngelakuin design thinking. Design thinking itu menurut kita sekarang salah satu alat paling penting, bukan cuma buat kita sebagai social enterprise atau yayasan, tapi buat guru-guru, mentor, curriculum builders kita, kita harus mikirin sebagai beneficiary-nya, sebagai anak-anaknya, mereka bakal tertarik apa, ngga tertarik apa. Buat guru-gurunya juga, gimana cara kita bikin program yang impact-nya sama, foundational skills-nya sama, tapi cara ngajarnya beda. Soalnya cara ngajar guru sama cara ngajar anak-anak itu beda banget. Jadi design thinking itu salah satu yang penting banget. Social impact without [inaudible] juga susah banget tapi kita masih mikirin juga. Banyak banget sih yang aku pelajarin dari sekolah ini. Susah banget untuk ngeliat teori di kelas terus aku harus mikirin gimana caranya aku ambil dari kelas ini terus aku taro di organisasi kita.
G: Generation Girl dan YGMB udah jalan kan, jadi kamu bisa langsung latihan, jadi bukan belajar terus baru bikin yayasan. Bisa langsung latihan itu menarik sih.
N: Ya, menarik banget. Misalnya The Altruistic Leader yang aku bilang kan gara-gara pandemi aku nggak bisa ke London, jadi aku kelasnya like, kerja di siang hari dan malam hari aku sekolah. Habis setiap kali ada sekolah, apapun yang diajarin aku langsung coba implementasiin di organisasi kita. Design thinking, setelah ada workshop di sekolah, aku langsung bikin workshop yang sama di organisasi kita. I think the biggest personal thing aku lagi belajar cara menjadi leader, karena dari product engineer di mana aku karyawan biasa aja aku bukan manajer juga, terus aku langsung loncat jadi leader di yayasan sendiri. Itu loncatan yang lumayan besar, and for me… what’s that millenial… impostor syndrome. Jadi impostor syndrome aku gede banget, dari kayak bukan siapa-siapa di Gojek langsung jadi ketua di yayasan sendiri, impostor syndrome ku gede banget. Itu yang kupelajari di coursenya. Aku sekarang punya skills-nya, punya foundation-nya untuk jadi leader yang lebih bagus. Semoga ya. Hopefully.
K: Aamiin. Tadi Nadine kan sempet mention tentang sekarang programnya dijalankan secara online. Nah ada perbedaan ngga sih menjalankan program itu sebelum pandemi sama setelah pandemi, dan apa aja sih kekurangan dan kesempatan baru yang Nadine liat?
N: Aku selalu mau coba kaya bikin lebih positif ya, jadi menurut aku pandemi ini hal yang buruk, but hopefully ini adalah sesuatu yang jadi positif buat organisasi kita, buat YGMB sama program-program kita. Salah satu yang paling keren, kalau kita offline kan operasinya cuma di Jakarta. Mau ngga mau semua anak-anak dan guru-guru kita harus ke Jakarta, atau kita harus ke kota-kota sendiri. Tapi sekarang gara-gara online, kita bisa menjangkau lebih banyak orang di Indonesia. Sebenernya ada yang ikut dari Singapura juga. Setengah program kita Bahasa Indonesia, setengah Bahasa Inggris kan, ada perempuan dari Singapura yang ikut program kita, kita juga ada beberapa orang dari Saudi Arabia yang ikutan juga. Reach kita jadi lebih gede aja karena online, prerequisitenya nggak usah di Jakarta tapi semua orang yang punya laptop itu bisa ikutan. Kekurangannya menurutku yang kita belum sepenuhnya pahami, maksudnya aku belum terlalu puas selama ini, gimana caranya bikin komunitas itu di dalem program online. Soalnya ya beda banget kan coba connect sama orang dari webcam sama coba connect sama orang offline, it’s just a different way of connecting with people. Menurut aku gimana program kita bisa improve itu cara bikin komunitas itu tapi di dalem program online.
K: Program selanjutnya ada lagi nggak dalem waktu dekat ini?
N: At least Q3, Q4 kita semuanya online, semua kelas dan programnya. Bukan cuma buat partisipannya aja, tapi kita selalu punya speaker atau mentor dari tempat-tempat lain kan, dan kita nggak mau risk dari sisi mereka ataupun partisipannya. Buat sekarang sih kita semuanya online, tapi semua programnya sama Dalam beberapa minggu lagi kita akan buka Electives, yaitu kayak Summer Club, konsepnya sama tapi ini buat 18 ke atas. Jadi weekend classes sama GoAcademy. So it’s called Electives with GoAcademy, mereka akan ngajarin Ruby. Materinya sama kayak yang didapat engineers di Gojek, goalnya buat diversify the engineering pool aja. Ini cuma buat perempuan, tapi mereka akan dapet skills yang Gojek engineers dapet juga. Pengajar Belajar juga akan mulai Agustus, jadi itu satu minggu buat guru-guru SMA sama SMK. Kita juga selalu di IG kita, selalu ada ngobrol bareng kayak IG Live gitu, dan kita juga ada Electives Lite, kayak program GoAcademy gitu tapi cuma 2-3 jam, jadi kalau nggak mau commit ke semua Electives, bisa ke yang kepotong-potong aja. Desember pasti ada Winter Club lagi. We have our hands quite full. Kita selalu ada program yang kita planning, but it’s good, it’s fun.
K: Good luck ya Nadine, seru banget kayanya kedengerannya. Kalau temen-temen ada yang pengen join, boleh dikasihtau nggak gimana caranya mereka bisa ikutan?
N: Langsung aja ke Instagram kita, generationgirl.id, kita selalu ada program-program Generation Girl kita di situ, sama di pengajarbelajar.id buat guru-guru. Jadi itu buat program guru-guru kita.
K: Cool. This is our last question actually, misalnya temen-temen Kartini Teknologi ada yang bertanya-tanya, apa sih yang bisa aku lakukan juga untuk mengurangi gender gap di STEM ini. Nadine punya suggestion nggak buat temen-temen yang punya pertanyaan seperti itu?
N: Great question. Menurut aku kalau kamu perempuan yang udah ada di bidang teknologi, atau kamu ada ketertarikan di dalam bidang STEM di Indonesia, menurut aku sih saranku-nya temukan sebuah support system. Mungkin nggak usah Generation Girl, mungkin cuman orang tua kamu atau temen-temen kamu yang akan support and push you forward. Menurut aku, kita ngga pernah melalui hidup sendirian, right? Kita ngga pernah bisa kerjain sesuatu kalau kita sendirian. Jadi menurut aku kalau misalnya kita mau memajukan Indonesia, kita harus ngelakuinnya bareng-bareng. Kalau kamu perempuan di bidang teknologi, temukan support system, cari support di mana aja yang akan ngebantu kamu. Kalau kamu bukan perempuan, kalau kamu laki-laki, dan kamu masih mau support women, ini menurut aku aja ya, women’s right is equal right. 50% populasi kita adalah perempuan. Kalau kamu mau support manusia, kamu harus support perempuan juga kan. Kalau kamu seorang ayah, saudara laki-laki, sepupu laki-laki, kolega laki-laki, … dukung kolega perempuan, saudara perempuan, sepupu perempuanmu siapapun itu bukan kayak nggak usah dorongin mereka ke bidang ini, tapi tunjukkan apa yang mereka bisa lakukan. Biarkan mereka mendapatkan pengalaman di dunia dan biarkan mereka memilih sendiri. Kita sebenernya di Generation Girl ini bukan mau nge-push anak-anak perempuan ke bidang STEM, tapi ngebuka semua kesempatan buat mereka dan kasih mereka skills untuk ngerjain apa yang mereka mau kerjain. Kalau kamu male champion, dengarkan permasalahan dan cerita-cerita dari kolega perempuan, saudara perempuan, dukung mereka. Kalau kamu udah punya anak perempuan, besarkan anak-anak perempuan yang kuat, bilang ke mereka untuk bertanya yang banyak, dukung mereka untuk terus eksplor, ya gitu aja sih menurut aku. Jadi lebih suportif aja, ini buat perempuan dan laki-laki aja, dukung satu sama lain, jadi lebih suportif. Be more loving.
K: Sebenernya, pendengar Kartini Teknologi lebih banyak laki-laki, jadi aku pikir pesan-pesan buat para laki-laki itu penting banget. Ada satu poin yang aku sangat setuju, yang Nadine udah ceritain, kita nggak pengen maksa perempuan untuk ikut di bidang ini, kita pengen ngebuka aja bahwa ada kesempatan untuk mereka. Kita nggak bisa maksain standar kita yang kita percayai, lebih ke ngebuka aja ada kesempatan kalian di sini. Jadi ya aku rasa ada banyak inspirasi dari sesi ini, aku sendiri belajar banyak, ku percaya Galuh juga, jadi makasih banyak ya Nadine untuk kesempatannya ngobrol-ngobrol sama kita.
N: Thank you!