Kiki (K): Halo semuanya, kita balik lagi di Kartini Teknologi bareng Kiki dan Galuh. Kita udah lama banget ngga rekaman, ya Luh, ya? Kayanya terakhir kita rekaman tuh kaya sebelum puasa gitu. Jadi emang udah lama banget. Sorry banget. Aku mau bilang alasannya apa juga sebenernya ngga ada yang spesifik, sih. Karena emang lagi riweuh dan kita mungkin juga lagi adaptasi lagi karena pandemi dan segala macem. Karena walaupun aku pun udah biasa kerja remote, cuma emang pandemi ini mengubah segalanya, sih. Aku juga belajar ritme baru lagi, jadi emang baru bisa menyempatkan kali ini. Dan hari ini kita udah kedatangan tamu, namanya kak Aulia Rahmani atau kita kayanya panggil Kak Auli aja kali, ya?

Auli (A): Iya, Aul atau Auli boleh.

K: Aul atau Auli, ya. Oke. Kak Auli apa kabar nih?

A: Alhamdulillah baik.. Walaupun bosen ya.

K: Sekarang dimana nih?

A: Sekarang lagi di Malang.

K: Tapi biasanya emang di Malang, atau karena pandemi aja di Malang?

A: Sebenernya lebih kaya stay-nya di Malang. Cuma kalo pas masa normal, itu ya beberapa minggu di Jakarta, gitu tiap bulan. Gitu, cuma ya ini. Ngga bisa ngapa-ngapain udah berapa bulan ya? 3 bulanan ya kita kaya gini ya?

K: Kayanya udah hampir 4-5 bulan ngga sih dari Februari gitu?

A: [Tertawa] Udah makin lupa gitu, loh. Ini tuh, bulan, oh, udah Juli aja.

K: Kemaren aku pikir November itu udah 3 bulan lagi. Ternyata tapi masih 5 bulan lagi. Jadi emang pandemi ini bikin kita jadi lupa sense of time, gitu. Tapi sehat ya alhamdulillah semuanya?

A: Alhamdulillah, makin di rumah tuh justru jarang sakit sih, alhamdulillah-nya ya.

K: Ohya?

A: Iya, biasanya tuh kaya sebulan ada aja kan? Flu atau apa. Tapi sampe sekarang alhamdulillah belum pernah sakit. [Tertawa kecil]

K: Iya, alhamdulillah lah ya. [Tertawa kecil]. Oke, kak Auli ini adalah seorang Lead UI/UX Designer di perusahaan yang namanya Altera, yang mungkin kita bisa tanyain lebih lanjut nanti, ya. Cuma, kita pengen mulai dari backgroundnya kak Auli dulu, nih. Kan, background kak Auli sebenernya komunikasi, ya dulu pas kuliah. Cuma kan dulu along the way, sempet jadi front end (developer) juga, bahkan dulu kalo ngga salah aku baca di LinkedInnya sempet internship di Metro TV segala macem. Terus pernah jadi content writer, social media planner, banyak banget gitu role yang pernah dicobain. Trus kalo sekarang kan fokusnya di UX gitu, kan? Trus, menurut kak Auli ini karena udah pernah nyoba berbagai role, apa sih yang trus bikin kak Auli memutuskan untuk fokus ke UX ini?

A: Sebenernya aku tuh anaknya waktu masih muda, bukan berarti sekarang tua, ya? [Tertawa] Maksudnya waktu masih fresh grade gitu seneng ngambil kesempatan. Jadi kalo ada kesempatan gitu, ya udah coba aja. Walaupun di tengah-tengah ya struggling juga. Tapi dari situ tuh banyak ambil pelajaran. Mutusin buat fokus ke UX itu sebenernya pas jadi front-end. Jadi waktu jadi front-end itu, setiap ngoding, itu tuh kaya merasa desainnya bisa di-tweak, atau bisa di-improve, gitu. Dan pada saat itu tuh, term UI/UX belum terkenal gitu loh. Jadi waktu itu masih nyari-nyari dan baca-baca. Trus oh, ternyata ada yang kaya gini. Harusnya kerjaan gue pas di front-end itu bisa kaya UX juga loh. Waktu itu mikirnya masih kaya gitu. Tapi kesempatan untuk jadi UX designer itu belum ada. Dulu tuh, masih sambil ngerjain sosmed, biasanya klien itu juga ngebikinin web-nya, atau kaya desainnya ke aku. Jadi kaya ngerjainnya ya kaya full-stack. Dari front-end sampai web design waktu itu. Sambil jalan, karena waktu itu lumayan apa ya, namanya juga masih anak fresh grad, gampang bosen, pengen nyoba yang baru. Trus waktu itu pas apply ke beberapa perusahaan ada yang diterima jadi UX waktu itu. Diterima di situ, trus yaudah mulai dari situ sih belajar UXnya. Meskipun sebelumnya belajar web design tapi kan belum dalem waktu itu. Zaman dulu ya cuma desain-desain aja, gitu. Ilmu psikologi, atau research gitu tuh belum diterapin 100% kaya gitu.

K: I see.. Berarti emang dari pengalaman pribadi gitu ya pas jadi front-end. Hmm, trus kan tadi bilang mulai tertarik ke UX dari situ. Trus inspirasi untuk terjun ke UI/UX tuh darimana sih? Maksudnya, kenapa akhirnya mendalami secara spesifik? Mungkin ada role model yang “oh, gue pengen jadi kaya si ini, nih.” Atau gimana tuh?

A: Sebenernya ngga ada figur yang spesifik. Cuma, dulu tuh menemukan hook yang bener-bener bikin “gue pengen belajar ini, pengen fokus di sini” tuh ya karena UX mungkin suka ngobrol sama orang, suka cari solusi. Trus, gue juga suka menikmati produk yang bagus dan pengen bikin kaya gitu. Jadi ngga ada orang yang spesifik yang menginspirasi. Kalo orang sih, mungkin kalo mention Steve Jobs juga agak cheesy ya. Tapi, pada masa itu aku tuh sempet mengidolakan Steve Jobs gitu. Karena waktu itu setiap dia ngeluncurin iPhone gitu kan kita kaya amazed, kaya apapun dia bisa jual, gitu kan? Sama, waktu jadi front-end, salah satu orang, sebenenernya ngga berkaitan sama desain, tapi menurut gue produknya itu bagus dia itu. Hmm, itu co-foundernya Basecamp.

K: Jason Fried, ya?

A: Nah, iya. Gara-gara baca bukunya dia waktu itu, Re-work. Dan, emang kita itu bikin pakai Basecamp. Trus, waktu itu ngerasanya produknya nih kok bagus, pengen deh bikin produk kaya gini yang menyelesaikan problem orang. Dan sekarang, Jason Fried ini lumayan produktif, ya? Ada buku baru, ada produk baru juga. Mungkin itu, sih. Tapi ngga ada sih, spesifik yang dari orang UX.

Galuh (G): Kalo produk, selain Basecamp, ada ngga yang pas jaman dulu awal kita belum terlalu familiar sama term UX, tapi kak Auli “Gila, gue pengen banget nih bikin produk kaya gini”.

A: Kalo zaman duu tuh lebih tertarik sama management dan productivity tools, gitu. Jadi dulu tuh kaya Basecamp, trus produknya Atlassian, kaya gitu tuh suka banget. Dan, satu produk yang dari zaman dulu sampai sekarang suka tuh Airbnb. Itu doang, sih. Mungkin gara-gara baca bukunya Airbnb story, trus baca perjuangan mereka dari yang jualan sereal, trus beberapa kali pivot, seru aja, gitu. Kaya, emang produk itu biasanya ngga cuma dari produknya aja yang dinilai, tapi juga sosok di belakangnya gitu, yang bikin produknya. Itu yang biasanya lebih matters. Itu sih kayanya.

K: Kalo produk Indonesia ada ngga, kak yang kak Auli suka sama UXnya selama ini?

A: Aku sih suka Gojek, ya. Karena selalu improve gitu, loh. Sama, selalu keliatan dengerin user. Beberapa ya memang kenal in-person gitu, ya, di baliknya. Cuma, kalo yang aku liat mereka tuh selalu berusaha dengerin apa yang user butuhkan, user pengen, kalo aku liat, ya.

K: Okay. Next, kita bahas tentang current role, ya. Sekarang kan, di Alterra sebagai lead UI/UX Designer. Boleh diceritain dikit, ngga, Alterra itu apa lini bisnisnya?

A: Ok, jadi Altera ini sebenernya adalah payment aggregator. Zaman dulu banget, sebelum gue join juga, dianamanya sepulsa.com, kalo tau. Jadi dulu emang terbatas jualan, pulsa, ya produk-produk digital gitu lah. Tapi, along the way, fokus bisnisnya justru yang di balik itu semua, gitu. Yang ngga keliatan orang. Jadi, lebih fokus ke B2B. Dimana dia itu, menyediakan pembayaran PPOB (Payment Point Online Bank), trus jualan pulsa dan produk digital, buat beberapa e-commerce. Dan dia juga menyediakan billers, gitu jadi membangun ekosistem billing, sama teknologi pembayaran untuk beberapa produk yang lain. Kaya gitu, sih. Sebenernya, kalo dijelasin lebih dalem nanti agak terlalu teknikal, jadi fokusnya ke billing payment. Gitu.

K: I see, dan B2B ya berarti fokusnya?

A: Iya, lebih ke B2B, sih.

K: Trus kan peran kak Auli kan sebagai lead UI/UX Designer, ya. Ceritain dong tanggung jawabnya sebagai lead UI/UX itu apa aja?

A: Jadi kalo di Altera itu kita ada beberapa lead UI/UX gitu. Ngga cuma aku doang. Ada 3. Dan masing-masing, pegang fokus di suatu lini produk, gitu. Kalau aku sendiri sih fokusnya lebih ke me-manage tim UX dan grooming team members-nya. Ada sih beberapa hal yang aku masih bantu crafting juga, selain manage. Karena sebenernya, yang aku pegang itu sekitar 12 produk. Sebenernya 1 fokusnya, cuma di dalemnya ada 12 cabang gitu, dan di tim aku itu kita cuma 4 orang. Makanya, kita juga lagi hiring. Kalo misalnya temen-temen yang denger ini bisa cek LinkedIn-nya Altera. Sekalian promosi ngga papa, ya. [Tertawa] Phase kita sekarang lumayan cepet, nih. Tapi team membernya ngga seimbang sama phase-nya. Jadi lagi hiring juga untuk spesifik UI/UX Designer.

G: Tadi kan kalo ngga salah ada 3 lead, ya? Trus masing-masing kalo aku ngga salah denger pegang produk yang beda-beda. Bener ngga?

A: Iya.

G: Nah, itu koordinasi antara 3 lead itu gimana sih untuk make sure bahwa produknya berbeda-beda tapi harus ngikutin desain yang mirip, atau gimana sih cara menjaga konsistensinya?

A: Sebenernya tiap produk itu punya user yang berbeda-beda juga, visi-misinya beda juga. Jadi kita kaya pegang beda perusahaan jadinya. Masing-masing produk, kita punya guidelines sendiri, sih. Dan guidelines itu sambil jalan, sambil di-improve juga, gitu. Jadi, selama ini sih, kita maintain-nya dari guidelines itu. Dan kita selalu koordinasi ada kaya weekly coordination gitu, untuk tau sebenernya team lead yang ini lagi ngerjain apa, mereka ada blocker dimana, ada yang bisa dibantu ngga, dan apa yang bisa dikasih feedback sama temen-temen yang lain. Kadang kan kita craft something tuh, banyak blind spot yang ngga kita capture tapi orang lain bisa liat. Dan team lead lain juga bisa show hasil kerja mereka dan minta feedback dan lead atau team member yang lain. Gitu sih. Kalo bisa lebih kaya over-communicate, aja sih. Apalagi selama masa pandemi gini, ya.

G: Bener banget.

A: Jadi ya harus transparan, trus tetep pada core-nya itu apa. Kita mau customer focus, kita mau tetep menyediakan yang terbaik buat team business kita. Jadi lebih fokus sama core dan over-communicate yang pasti.

G: I see. Jadi, meskipun produknya berbeda tapi mesti tetep terjaga ya core-nya gitu.

A: Iya. Terjaga core-nya, saling komunikasi, trus saling transparan sih, apa yang mereka nemuin kesulitan.

K: Kalo team-nya sendiri terdiri dari siapa aja sih, kak? Mungkin ada researcher, ada UI/UX designer, masuk situ juga berarti kan?

A: Kalo researcher sih sekarang belum masuk tim aku, ya. Dia itu tim terpisah. Jadi kalau lagi dibutuhkan, diambil, gitu. Kita juga lagi cari tuh, researcher. Lumayan banyak yang dicari, ya. Kalau sekarang di tim aku sendiri ada UI designer yang spesifik ke UI, trus ada generalist jadi UI/UX, dan UX writer. Tapi aku sendiri masih bantu crafting di beberapa hal kaya research, UI juga. Belum ideal, tapi begitulah.

K: Tapi mungkin itu juga kali, ya. Karena kak Auli juga lagi butuh banyak tambahan, itu juga yang mungkin akhirnya dorong kak Auli bikin thread di Twitter tentang UX writer kali, ya?

A: Iya, bisa juga.

K: Jadi itu juga bisa dibilang dateng dari concern pribadi ya, karena emang masih jarang yang punya keahlian itu. Atau gimana, sih?

A: Jadi gini. Waktu itu, aku tuh ngambil cuti seminggu pas abis lebaran. Di cuti seminggu yang nggak ngapa-ngapain di rumah, itu, itu tuh lagi mikirin, tim ini tuh enaknya dibawa kemana, ya? Karena satu UX writer, tapi yang dikerjain banyak banget, maintain styleguide-nya, trus harus nge-supervise temen-temen yang lain, agak sulit. Sedangkan nyari UX writer sendiri tuh, masih nggak semudah kalo kita nyari UI designer, UX designer, kan banyak ya. Lebih sulit, gitu kan? Jadi yaudah iseng aja. Sebenernya itu ngga ada kaitannya sama kerjaan, sih. Iseng aja. Pengen coba nge-tweet yang ngga ada ada gunanya. Cuma iseng nge-tweet aja, eh kok, viral. Kok, ternyata banyak orang yang ngga aware bahwa ada posisi ini. Kaya, di setiap produk itu ada orang di balik layar yang nge-craft copy atau content-nya. Dan di beberapa perusahaan sih mungkin udah ada, role ini, cuma ya itu kurang awareness. Belum menonjol, lah. Padahal sebenerya kerjaannya UX writer itu ngga cuma bikin content, bikin tulisan, jadi dia tuh bener-bener bikin design dan interaksi yang ada di aplikasi atau website itu jadi ada konteksnya. Jadi, orang tuh lebih ngerti apa yang harus dilakukan.

K: I see. Kalau liat dari thread atau tulisan-tulisan kak Auli kan kayanya fokusnya lebih ke pivot dari role lain ke UX. Itu apakah karena dari pengalaman pribadi dulu juga yang pivot, atau emang dari disiplin ilmunya sendiri memang belum ada yang fokus kesitu?

A: Kalau aku liat, ya. Orang yang bisa nulis tuh banyak. Tapi, orang yang tau ada role seperti ini tuh belum sebanyak itu. Makanya pengen ngasih awareness dari sudut pandang itu. Bahwa, role UX writer itu ada dan itu bisa dipelajari. Kalau kalian ada basic nulis sebenernya bisa loh, jadi UX writer, gitu.

K: Tapi sebenernya kalau UX writer itu sendiri, apa sih role nya, bikin copy kah atau dia ikut juga dalam membuat flow desain?

A: Sebenernya kadang kita jadi user itu nggak terlalu sadar apa yang kita baca di aplikasi/website sama pentingnya dengan how it looks or works, kita nggak terlalu sadar sama hal itu. Sebenernya tugas UX writer ini crafting copy di suatu produk supaya user merasa diguide, dikasihtau, dituntun, kayak gitu. Tapi tanpa user ini menyadari, sesuatu yang baik kan kita nggak menyadari kalau itu baik. Tapi menurutku sekarang udah mulai terdengar gaungnya pentingnya UX writing di suatu produk. Karena kalau nggak ada copy-nya atau writingnya juga nggak bisa dipake ya, nggak usable.

K: Ini pengalaman sendiri emang kayaknya penting juga role kayak gitu. Aku kan sekarang mau ngerombak onboarding di Mozilla, karena kita cuma punya desainer dan copywriter, sebenernya yang bikin copy kita sendiri, tapi kita consult sama copywriter juga. Padahal sebenernya kita nggak tau, cuma ngebayang bayang aja bener nggak ya bikin copy kayak gini. Jadi penting juga sih ya punya UX writer di suatu perusahaan. Di Gojek ada UX writer nggak?

G: Setau aku ada tapi karena kerjanya nggak bersinggungan nggak tau detil sih.

K: Di aku setauku nggak ada sih, mungkin karena terlalu gede atau aku nggak ngerti tapi di aku nggak ada. Tapi pasti membantu banget sih kalau ada.

A: UX Writer itu nggak cuma crafting micro copy, dia bisa mulai involved dari awal, dari proses synthesize, kasih storyline-nya gitu ke desainer. Harusnya bikin yang seperti apa. Brainstorm sama designer sih, jadi satu kesatuan kan, kalau kita liat suatu produk, visualnya, interaksinya, copy nya satu kesatuan kan nggak bisa sendiri-sendiri. Dari awal harusnya udah involved.

G: I see, jadi bukan UX writer tinggal ngikut flow yang udah ada, tapi dia bisa influence flow yang nantinya akan dibuat?

A: Iya, makanya namanya UX writer karena dia juga create experience, nggak cuma copy doang.

G: Misalnya head of product atau manajernya bilang kita mau ada fitur X, gimana caranya itu sampe ke UX writer, flow-nya apa dulu yang dikerjain?

A: Kalau di kita sih, product manager itu nggak berdasarkan bisnis. Kadang kan ada yang oh kita harus bikin ini, tapi kita semua terutama project manager harus ngitungin cost of delay dulu. Dari A B C D E ini cost of delay dihitung terus diliat mana yang cost of delay yang paling gede. Kalau A paling matters dan cost of delay nya paling gede, kita akan kerjain itu dulu. Nah, handover ke tim UX nya biasanya kita liat dulu apa produk ini perlu diriset atau udah ada hasil riset sebelumnya. Kalau udah ada kita bisa pake itu, kalau masih kurang kita bisa tambah lagi, ambil data yang masih belum terlalu membuktikan, kita bisa riset lagi, bisa mulai dari awal. Di situ UX writer udah involved tuh, sebenernya kan dia udah punya style guide, udah tau personanya kita siapa, visi misi produknya udah tau, jadi dia harus involved dan tetap satu lini sama designer. Kalau butuh testing ya testing, kalau bisa langsung ke wireframe prototyping ya langsung.

G: Kalau buat UI yang aku pernah liat guide nya button-nya harus kayak gini, warnanya gini. Kalau UX writing style guide-nya isinya apa sih?

A: Seingetku di Gojek ada ya, beberapa produk udah punya UX writing style guide. Isinya lebih ke tone and voice produknya gimana, tapi udah ada visi misi produknya. Supaya memudahkan desainer untuk membuat… kan kita kan nggak mungkin desain lorem ipsum semuanya, pasti kita kasih konteks juga, untuk yang kayak Kiki kan tadi bikin copy sendiri. Untuk memudahkan UX writer di style guide ngasih contoh. Misal di snack bar harus apa voice and tone nya, di empty state itu ilustrasinya tone-nya harus seperti apa. Itu dia juga bisa ngasih rekomendasi tuh, ilustrasinya seperti apa, microcopynya seperti apa. Rules nya juga, yang boleh dan nggak boleh. Misal jangan menggunakan kata-kata yang terlalu santai, tergantung produknya.

G: Copy itu juga harus sejalan sama ilustrasi juga ya, jadi harus tek tokan sama illustratornya, nggak sendiri.

A: Bener, ya emang satu development team ya, nggak bisa jalan sendiri. Kita jadi user, kita harus ngerasa ketika ngeliat produk, kita di satu tempat yang sama. Misal dari Home, ke halaman Product Detail, kok tonenya beda ya, kata-katanya gini, ilustrasinya beda sama yang di home? Itu sesuatu yang diharamkan, jadi harus di satu tempat semuanya.

K: Kadang ada juga yang apps yang experience app sama mobile web nya berbeda.

A: Bener ada tuh yang kaya gitu. Biasanya dikerjakan sama orang berbeda dan mereka nggak tek tokan, atau mereka ngga punya guideline, ya udah asal jadi. Aku pernah di posisi itu, timnya beda, asal jadi, dari stakeholder oke, ya udah develop. Kita yang ngerjain ya gimana, ngga bisa terlalu memaksakan dalam posisi seperti itu. Harusnya ada satu dev tim yang kerja bareng yang udah punya style guide.

K: Tek tokannya biasanya siapa aja?

A: Di tim aku, product manager dan developernya langsung. Emang harus punya chemistry, dan developer, biasanya setelah research, atau kita punya style guide, kita share ke mereka, jadi mereka punya awareness yang sama kaya kita. Kadang kalau aku sendiri pribadi ngerasain, kadang developer itu prosesnya terlalu di belakang dan mereka ngga ngerti user sebenernya mau apa, karena tim yang lain kurang menyampaikan. Nah aku pribadi ngga mau kaya gitu, karena kalau kita menyampaikan dengan benar, apa yang user mau, apa yang user sukai nggak sukai, developer atau tim tech lebih semangat ngerjain produknya karena mereka tau produk yang bakal gue buat ini valuenya segini.

G: Aku juga bisa relate sih lebih semangat ngerjainnya kalau kita tau valuenya apa, daripada langsung dikasih task doang, oke bikin fitur ini tapi nggak tahu kenapa harus punya fitur ini.

K: Terus kalau portfolio nih buat temen-temen yang pengen jadi UX writer, belum pernah ngerjain hal ini sebelumnya, apa aja sih yang perlu disiapin buat bikin portfolio?

A: Ada tuh di post Medium aku, karena banyak yang nanya, gimana caranya? Terus gue juga mikir, gimana ya caranya? Sebenernya modal utama itu kemampuan nulis. Terlepas dari embel-embel desain, UX, ya kemampuan nulis mereka sendiri. Harus ngerti, nulis ini buat siapa, usernya siapa, buat apa crafting micro copy, why nya harus tau. Sama storytelling sih, kemampuan buat… dari satu page ke page yang lain, ngalir gitu. Buat yang lain, itu bisa dipelajari, gimana sih bikin voice and tone, bikin case study kayak apa, research gitu itu bisa dipelajarin. Yang paling penting sih nulis itu sendiri.

K: Yang penting bisa nulis dulu aja. Kalau udah punya modal itu, bisa.

A: Dan tau nulis buat siapa, itu yang penting.

K: Ngomongin artikel Kak Auli yang di Medium, edisi ketiganya ngomongin A/B Testing. Ceritain dong mungkin ada temen-temen yang baru denger A/B Testing, itu apaan sih?

A: Oke, singkatnya A/B Testing itu membandingkan dua versi atau lebih. A B, A B C D juga bisa yah. Tapi karena di sini konteksnya UX writing, yang dibandingin itu varian-varian micro copy. Misalnya microcopy A, seefektif apa kalau dipake? Kalau yang B, gimana nih hasilnya dibandingkan microcopy A. Sebenernya ini testing yang paling gampang dilakukan menurutku ya, dibandingkan user research atau testing yang lain, lumayan ribet dan butuh waktu. Kalau kita masih pemula dan baru mulai di dunia UX writing, itu sebaiknya pake testing semacam ini dulu. Selain cepet, hasilnya juga bisa langsung di-apply. Tapi tergantung ekosistem produknya juga, ada juga yang nggak biasa menyediakan A/B testing, developernya nggak bisa nih A/B testing buat segmen tertentu. Balik lagi produknya udah siap apa belom.

G: Kadang ada limitasi di engineering atau technya sendiri ya?

K: A/B testing itu berarti di production ya?

A: Kalau aku sih lebih baik di production, tapi kalau mau bikin A/B testing di luar, usability testing ada beberapa partisipan, it’s okay sih. Tapi kita harus tau sampel yang kita ambil mewakili apa ngga, nanti effort testing, panggil orang, ternyata sampel yang kita panggil belum mewakili. Itu sih kalau sampel yang on site harus hati-hati ambil sampel.

G: Apalagi situasi lagi pandemi kaya gini ya.

A: Sebenernya ada beberapa third-party app yang bisa dipake untuk A/B Testing, kalau company nya mengizinkan ya.

K: Tools nya apa tuh kak?

A: Aku lupa, kalau di aku sendiri kita ada Mixpanel, jadi bisa pake Mixpanel. Yang lain, aku lupa namanya, dia kayak semacem dikumpulin partisipannya, kita tinggal ngasih aja apa yang dites, partisipannya bakal cobain mereka lebih engaged yang mana. Pake Mixpanel itu udah include semuanya jadi lebih enak.

K: Ngomongin referensi, ada ngga buku, blog atau website yang Kak Auli sering baca-baca buat nyari referensi tentang UI/UX?

A: Sekarang jarang baca buku UX, lebih suka baca artikel. Kalo jaman dulu masih rajin baca buku UX, ada dua buku yang paling aku suka. Don’t Make Me Think dari Steve Krug itu bagus karena lebih psychology, sama Emotional Design dari the famous Don Norman. Itu lebih ke psychology, jadi tau konsep dasar UX itu gimana. Sekarang sih lebih suka baca yang self-growth, project development. Satu buku tentang UX writing yang aku suka, buku ini sebenernya nggak terlalu lengkap tapi bacanya enak dan applicable. Nama bukunya Microcopy, yang nulis Kinneret Yifrah. Dia juga sering tuh nulis di Medium.

K: Tadi kan bukunya kayanya lebih banyak tentang psikologi. Di komunikasi sendiri dulu ada bahasan kayak gitu waktu kuliah?

A: Ada, makanya waktu dulu belajar ngerasa terbantu, karena core dari psychology dan manusia itu komunikasi kan, komunikasi internal dan eksternal. Core-nya sebenernya itu, jadi lumayan terbantu. Cuma aku bukan tipe anak yang hapal teori, jadi harus relate aja sama kejadian yang dialami, atau buku yang pernah dibaca, relate ke pengalaman orang lain bukan yang terlalu teoritis gitu.

K: Bagian terakhir nih, tentang work from home, sama Kak Auli juga udah jadi ibu yah. Nah setau aku nih kalau jadi ibu, tetep punya pekerjaan, pasti heboh banget tuh. Tidur biasanya sehari berapa jam, kak?

A: Tergantung padetnya gimana, Senin sampe Rabu lebih padet, jadi lebih cepet capek, lebih cepet tidur. Sekarang karena udah 4 tahun jadi ibu, itu udah nggak bisa night owl, anak malem tidur ya ikut tidur. Tidur sekitar jam 10-an, tapi kalau lagi nonton Netflix atau main PUBG bisa sampe malem. Semalem sampe jam 2 main PUBG. Dan kadang pas lagi terinspirasi pengen ngerjain sesuatu, misal bikin artikel atau ngegambar, main game aja… tergantung sih. Rata-rata nggak malem banget sih, jam 10 11an udah ilang.

K: Masih sempet main PUBG ya, keren banget sih. Ada hobi lain ngga selain main game atau nonton Netflix?

A: Lagi suka masak, karena di rumah. Beli makan takut, ya akhirnya masak.

K: Gambar-gambar yang di artikel sendiri itu bikin sendiri ya?

A: Iya tapi itu seadanya sumpah, kadang aku tuh nulis dua jam doang, habis itu gambar, terbit, nggak pengen terlalu mikir… dulu, aku suka nulis, tapi jarang dipublish. Makanya pengen berubah, nggak terlalu mikirin bagus nggaknya, publish aja. Nanti kalau ada feedback tinggal direvisi atau gimana. Sekarang lebih kaya, nulis, fokus sampe kelar, paling proofread, baca lagi abis itu publish.

G: Aku bisa relate. Aku dulu suka nulis, seringnya di draft aja karena takut banget mau hit publish. Baru belakangan ini juga mikir, kalo udah dipublish, masih bisa diedit, as long as sebisa mungkin kita proofread, tapi kalo misalnya ada miss dikit ya udah tinggal diedit lagi kan. Bisa relate banget.

A: Bener, bener. Kalau misalnya aku liat Wordpress post draft gitu, aduh banyak banget ya yang nggak dipublish. Dan kayanya bisa jadi tema yang bagus tapi mau nulis apa ya dulu. Makanya sekarang kalau inget apa-apa di notes, kalau mau nulis apa udah ada kerangkanya, ya udah dikerjain aja, bodo amatlah.

K: Biasanya nulis ide-ide gitu ngumpulinnya di mana?

A: Aku tuh anaknya agak sembarangan ya, kadang seadanya. Kalau ada buku di depan ya dibuku, kalau nggak di notes HP. Yang penting harus make it happen, karena pengen lebih efisiensi waktu aja sih.

K: Padahal kan sekarang harus kerja, harus ngurusin rumah juga, anak juga. Gimana tuh bagi waktunya?

A: Sejujurnya aku juga belum nemu formula yang tepat. Ada beberapa hari dua mingguan itu ngerasa stressful banget, apalagi anakku udah masuk sekolah lagi, dan sekolahnya full online. Jam 8 harus video call sama gurunya, gamau, lari-larian. Sampe sekarang belum nemu formula yang tepat, cuman ya udah berusaha aja dan ikhlas aja. Kalau pagi aku nyampein ke tim, kan kita mulai jam 9 ada check in team, aku nggak bisa karena ngajarin anak, aku ganti jam 10. Lebih ke komunikasi dan transparan sama tim, dan ganti waktu kerjanya pas kita bisa. Karena udah di situasi yang stressful, aku tipe anak yang nggak bikin todo list. Karena malah nambahin pikiran, jadi fokus ke target harian. Di akhir hari aku harus dapet apa aja. Secara psikologis kita ngerasa lebih lega aja, karena ada hasilnya. Kalau todo list kan belom ada hasilnya kita udah nulis ABCDE, terus di tengah-tengah, oh ya belum ini, nggak kelar-kelar, nambah stres sendiri. Misalnya hari ini ngajarin anak 1 chapter, hari ini masak apa, terus di kerjaan semua task di JIRA harus udah done, design review ini ini ini… langsung aja ke targetnya. Dan yang aku kerjain dari yang paling gampang, karena kalau udah punya satu achievement kan lebih gampang pindah ke task yang lain, jadi nggak ngerasa stuck. Kalau udah ada hasil lebih enak buat move ke target lain.

G: Menarik. Kalau kita fokus ke apa yang akan kita hasilkan… kalau to-do kesannya kaya beban gitu kan. Iya ya, aku juga mulai dari task paling gampang, even mandi aja aku masukin biar kayak achievement. Biar semangat, ada progress gitu.

A: Itu jadi kayak lebih semangat. Selain transparansi sama tim, transparansi sama suami penting juga sih. Kan sama-sama kerja ya, kita shift-shiftan. Kalau ada meeting, dia jagain anak. Kadang tidur siang juga. Kalau malem, aku full time jagain anakku, dia bisa kerja. Atau subuh. Shifting.

K: Support dari keluarga sama perusahaan penting ya, kalau perusahaannya nggak bisa fleksibel gitu susah dong.

A: Iya, alhamdulillah perusahaan lumayan fleksibel, yang jadi ibu-ibu juga beberapa orang kan dan nggak aku doang. Bapak-bapak kan juga ngerasain hal yang sama kalau istrinya kerja. Berempatilah company-nya.

K: Sebagai working mom concern Kak Auli apa sih? Takutkah terlalu sibuk di rumah terus akhirnya anaknya nggak keurus? Atau gimana sih concern sebagai working mom itu?

A: Satu concern yang susah banget ngatasinnya, 4 tahunan itu masih aja rasa kayak gitu, rasa bersalah sama anak. Rasa bersalah ninggalin anak, apalagi kerja di tech company itu pace-nya cepet ya, kadang sehari 80% meeting terus, nggak bisa jagain anak terus, ngomong sama anak. Tapi kalau aku look back, dulu waktu abis lahiran sebenernya aku resign. Kayak setelah 3 bulan dapet cuti, jangan ditiru ya, 3 bulan dapet cuti, masuk, 2 minggu masuk udah stres ninggalin anak apalagi masih nyusuin waktu itu, kayak ngerasa bersalah. Baby blues lah waktu itu. Akhirnya aku resign. Waktu di rumah, di rumah sekitar hampir setahunan, lebih banyak di rumah doang, nggak kemana-mana, cuma ngurus anak. Dan itu menurutku waktu itu justru quality time sama anak nggak ada, jadi kita cuma rutin doang, ngasih makan, nyusuin, kayak lebih sebel gitu ke anak kenapa sih kayak gini hidup aku, kayak nggak ada kualitasnya. Terus suamiku support buat balik kerja, dan waktu itu anakku udah 16 bulan udah bisa makan, udah berkurang nyusuinya, aku balik kerja, alhamdulillah tuh dapet kesempatan ditawarin di Alterra ini. Balik kerja, aku coba masih ngerasa bersalah, tapi justru waktu balik kerja aku lebih mikir ke quality time nya, jadi setiap sama anakku itu harus beneran fokus, berkualitas. Pikirannya beda sama waktu jaman dulu di rumah ngga ngapa-ngapain. Menurutku lebih engaged aja sama anak dibanding dulu habis resign. Yang aku suka sih itu. Mungkin kaya gini sebenernya problemnya nggak aku doang, aku sempet ngobrol sama temenku yang full time ibu rumah tangga. Kadang mereka juga ngerasa di rumah, tapi nggak berkualitas gitu sama anaknya. Mungkin setiap ibu harus punya me time sendiri sama balik lagi ke anaknya supaya lebih berkualitas. Kita tiap hari ngobrol terlalu take it for granted ya, jadi nggak menghargai.

K: Mungkin karena waktu yang terbatas itu, kita jadi ngerasa lebih precious waktu itu. Aku ngga ada pertanyaan lagi, mungkin aku mau tanya ke Kak Auli barangkali ada pesan-pesan buat pendengar Kartini Teknologi?

A: Apa ya, pesan-pesan, kaya orang tua nih. Apa ya, sebagai cewek, ini kan judulnya Kartini ya, kadang kita emang menjadi minoritas, di tempat kerja, di tim, apalagi di tech company, menurutku meskipun kita minoritas jangan sampai menghalangi kita untuk perform, untuk speak up, berani ambil kesempatan, berani ngomong, itu sih kalau sebagai Kartini di teknologi ya. Sama kalau misalnya jadi ibu, sebenernya jadi ibu itu bukan blocker untuk terus berkarya. Kalau kita keluar rumah, kerja, itu kan udah mengorbankan waktu buat anak, jadi kita pas keluar itu emang ada hasilnya, ngga cuma main-main doang, atau ngga cuman ya kerja yang penting dapat uang, kita harus punya hasil buat diri kita sendiri, yang kita korbanin udah banyak, masa kita nggak dapet impact buat diri kita sendiri. Kalau aku sih mikirnya kayak gitu. Apapun di luar sana yang aku kerjain, harus ada ilmunya yang aku ambil, yang bisa berguna buat jangka waktu panjang.

K: Wah ini banyak banget yang dipelajari dari Kak Auli, dari UX sampai jadi working mom. Makasih banget Kak Auli udah nyimpenin waktunya di akhir pekan.

A: Makasih banyak juga.

K: Sebelum kita tutup kita mau ngucapin terima kasih buat Odiolab yang bakal bantuin kita ngedit podcast ini. Selama ini kita Kartini Teknologi kayak MVP banget gitu loh, biasanya aku yang ngedit, Galuh yang bikin transcript. Cuman ya itu kitapun nggak punya microphone yang profesional, semuanya seadanya yang kita punya. Kali ini lagi pengen nyoba untuk dibantuin sama temen untuk bikin audio yang mungkin lebih proper, let’s see how it looks like. Jadi makasih juga Mas Asep dari Odiolab. Itu aja mungkin. Thank you so much udah dengerin temen-temen, dan sampai jumpa di episode selanjutnya!